Tampang

Kekaisaran Persia: Kejayaan di Timur Tengah Kuno

1 Jun 2024 14:37 wib. 51
0 0
Peta Kekuasaan Kekaisaran Persia
Sumber foto: Pinterest

Kekaisaran Persia merupakan salah satu kekaisaran terbesar dan terpenting dalam sejarah Timur Tengah Kuno. Berdiri pada abad ke-6 SM, kekaisaran ini memiliki sejarah yang panjang dan penuh peristiwa penting yang membentuk peradaban kuno di wilayah tersebut. Dengan luas wilayah yang meliputi sebagian besar wilayah Timur Tengah dan sebagian besar Asia Barat, Persia berhasil mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Koresy Agung dan para penerusnya.

Sejarah Kekaisaran Persia dimulai dengan bangkitnya dinasti Akhemeniyah yang didirikan oleh Koresy Agung pada tahun 550 SM. Kemudian, kekaisaran ini diperluas oleh putra Koresy, Kambises II, dan anak tirinya, Darius I, yang menyatukan berbagai suku dan kerajaan di bawah kepemimpinan sentral Persia. Kekaisaran Persia mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Darius I, dengan pendirian sistem administrasi yang efisien, infrastruktur yang maju, dan kebijakan pemerintahan yang progresif.

Salah satu kejayaan terbesar Kekaisaran Persia adalah penaklukan Mesir pada tahun 525 SM. Dengan kekuasaan teritorial yang begitu luas, kekaisaran ini menjadi pusat peradaban yang kaya dan beragam. Para penguasa Persia juga menerapkan kebijakan toleransi terhadap budaya dan agama yang berbeda, yang menjadi landasan keberagaman di wilayah kekaisaran.

Kekaisaran Persia juga dikenal karena pencapaian seni dan arsitektur yang mengagumkan. Salah satu contohnya adalah Istana Persepolis yang megah, yang dibangun oleh Darius I dan Xerxes I sebagai simbol kemegahan kekaisaran. Arsitektur Persia kuno juga terkenal dengan relief-relief batu yang menakjubkan dan perlengkapan bangunan yang mewah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

UMP Kaltim Menguntungkan Kaum Buruh
0 Suka, 0 Komentar, 3 Nov 2017
Memulai Bisnis
0 Suka, 0 Komentar, 17 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%