Tampang

Indodax: Panduan Regulasi Kripto dari Bank of Italy Membuat Gebrakan Mendasar

22 Jul 2024 23:47 wib. 123
0 0
Indodax: Pedoman Kripto dari Bank of Italy Bakal Jadi Tonggak Penting
Sumber foto: Goggle

Bank of Italy sedang menyiapkan panduan regulasi kripto yang dianggap merupakan langkah mendasar dalam menetapkan regulasi di Uni Eropa. CEO Indodax, Oscar Darmawan, menyambut baik langkah ini dan memandangnya sebagai perkembangan penting dalam mengatur pasar kripto secara menyeluruh. Menurutnya, regulasi ini akan memberikan kepercayaan bagi investor terhadap pasar kripto.

Oscar Darmawan menyatakan, "Regulasi yang jelas dan ketat sangat penting untuk melindungi pengguna serta memastikan integritas pasar." Hal ini disampaikannya dalam keterangan resmi di Jakarta, pada tanggal 16 Juli.

Dalam waktu dekat, Bank of Italy akan merilis panduan terkait kripto yang dianggap merupakan langkah penting dalam menerapkan regulasi di bawah Uni Eropa yang disebut Markets in Crypto-Assets (MiCA). Gubernur Bank of Italy, Fabio Panetta, menjelaskan bahwa panduan ini bertujuan untuk melindungi pengguna kripto dengan menerapkan MiCA secara ketat. Regulator Italia membedakan dua jenis token, yaitu Asset-Referenced Tokens (ART) untuk stabilitas, dan Electronic Money Tokens (EMT) untuk transaksi harian dengan nilai yang terkait langsung dengan mata uang fiat.

Menurut Panetta, hanya EMT yang nilainya langsung terkait dengan mata uang fiat dan dapat sepenuhnya berfungsi sebagai alat pembayaran. Dia juga menekankan bahwa token ini dianggap paling cocok untuk peran tersebut.

Oscar Darmawan menyoroti perbedaan antara ART dan EMT sebagai wujud pemahaman yang mendalam tentang karakteristik unik masing-masing jenis token. "EMT, dengan nilai yang terikat langsung pada mata uang fiat, memiliki potensi lebih besar untuk diterima sebagai alat pembayaran sehari-hari karena stabilitasnya yang lebih tinggi," ujar Oscar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.