Tampang

DPR Puji Kinerja Apik Pertamina 2023, Dorong Jaga Ketersediaan BBM

14 Jun 2024 13:40 wib. 38
0 0
DPR Puji Kinerja Apik Pertamina 2023, Dorong Jaga Ketersediaan BBM
Sumber foto: google

DPR RI memberikan apresiasi terhadap kinerja positif PT Pertamina (Persero) sepanjang tahun 2023. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, menilai bahwa Pertamina berhasil tumbuh di tengah situasi perekonomian global yang fluktuatif. Aria menyatakan apresiasi terhadap kinerja operasional dan keuangan Pertamina yang mampu tumbuh di tengah situasi geopolitik dan ekonomi global yang berfluktuatif. Ia menekankan bahwa Komisi VI juga mendorong Pertamina dan seluruh subholding untuk memastikan ketersediaan, distribusi, dan keterjangkauan harga bahan bakar minyak (BBM) dan gas.

Selain itu, Komisi VI juga mendorong Pertamina untuk meningkatkan pengawasan dan mengevaluasi sistem distribusi BBM dan gas bersubsidi. Hal ini termasuk optimalisasi digitalisasi dalam rangka mendukung ketahanan energi nasional. Menurut Aria, Komisi VI akan terus mendorong PT Pertamina (Persero) untuk senantiasa meningkatkan kinerja pada periode-periode di masa depan.

Wakil Direktur Utama Pertamina, Wiko Migantoro, menyatakan bahwa perusahaan terus tumbuh menjadi garda terdepan dalam menjaga ketahanan energi nasional. Menurutnya, ketahanan energi dinilai dari empat tolok ukur, yaitu ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, dan penerimaan (acceptability). Wiko menjelaskan bahwa Pertamina telah meningkatkan kontribusi minyak di sektor hulu, yang saat ini mencapai 69 persen dari lifting minyak nasional, sementara gas mencapai 34 persen dari lifting gas nasional.

Pertamina juga memastikan bahwa produksi hulu migasnya tumbuh sebesar 8 persen menjadi 1.044 MBOEPD dibanding tahun sebelumnya. Di sektor hilir, produksi BBM Pertamina memenuhi 70 persen kebutuhan nasional. Wiko juga mencatat bahwa jangkauan distribusi energi Pertamina telah mencapai 98 persen, dengan didukung program BBM 1 Harga, Pertashop, dan One Village One Outlet (OVOO). Selain itu, Pertamina telah membangun 820 ribu Sambungan Rumah Tangga (SRT) untuk pemasokan gas. Operasional kapal tanker dan kapal pendukung juga telah menjadi bagian dari rantai pasokan energi yang lengkap di Pertamina.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%