Tampang

DPR Dorong Uji Petik Terkait larangan Penggunaan Cantrang

3 Nov 2017 04:52 wib. 1.209
0 0
DPR Dorong Uji Petik Terkait larangan Penggunaan Cantrang

Dia juga berharap agar pemerintah kembali memberikan perpanjangan waktu penggunaan cantrang kembali, sampai adanya hasil uji petik dan solusi terbaik bagi para nelayan. ”Saya minta kepada pemerintah daerah dan kementerian untuk wilayah Jawa Tengah dilakukan perpanjangan kembali, karena masa perpanjangan sudah hampir habis. Ini merupakan masa krisis bagi nelayan, jangan sampai mereka kehilangan mata pencahariannya,” katanya.

Dia berpendapat, sebuah kebijakan harus melihat dampak sosial dan ekonomi. ”Di Juwana ini ada sekitar 2.800 nelayan cantrang yang menghidupi keluarganya,” imbuh Fadholi.

Sementara itu, salah satu nelayan cantrang, Rasjiman mengatakan bahwa penggunaan cantrang tidak memberikan dampak terhadap perusakan lingkungan. ”Semua alat tangkap apapun kalau dioperasikan di laut dangkal pasti menyentuh dasar laut, termasuk alat tangkap gillnet yang diusulkan Bu Susi (Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan),” ungkapnya.

Dikatakan, penggunaan Gillnet justru menyapu semua biota laut. ”Saya pernah gunakan gillnet, malah menyapu dasar laut dan ikan apapun kena. Bahkan penyu, lumba-lumba yang dilindungi negara juga kena,” pungkasnya.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Hidup Sehat Selangkah Demi Selangkah
0 Suka, 0 Komentar, 17 Okt 2017
5 Tips Liburan Hemat Murah Meriah
0 Suka, 0 Komentar, 2 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?