Tampang

Data Ekonomi Amerika di Atas Ekspektasi, Bagaimana Pergerakan Rupiah Hari Ini?

26 Jul 2024 13:50 wib. 122
0 0
Data Ekonomi Amerika di Atas Ekspektasi, Bagaimana Pergerakan Rupiah Hari Ini?
Sumber foto: Goggle

Di awal perdagangan, nilai tukar rupiah semakin melemah mendekati level 16.300 per dolar AS pada hari Jumat (26/7). Penguatan dolar AS yang dipicu oleh rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal II Amerika yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar menjadi salah satu faktor pendorong pelemahan rupiah.

   Menurut laporan Bloomberg, kurs rupiah melemah 0,3% menjadi 16.293 per dolar AS dan bertahan di level tersebut hingga pukul 09.50 WIB. Tidak hanya rupiah, mata uang negara lain seperti ringgit Malaysia, won Korea Selatan, dan dolar Hongkong juga melemah terhadap dolar AS. Namun, sebaliknya yuan China, baht Thailand, peso Filipina, dan dolar Singapura justru menguat terhadap dolar AS.

Ariston Tjendra, seorang pengamat pasar uang, mengatakan bahwa data Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat untuk kuartal II yang melampaui perkiraan pasar (sebesar 2,8% dibandingkan dengan perkiraan 2,0% dan sebelumnya 1,4%) telah memicu potensi pelemahan rupiah. Menurutnya, kekuatan ekonomi Amerika Serikat dapat mendorong kenaikan inflasi, sehingga memperkecil peluang pemangkasan suku bunga di negara tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.