Tampang

Dampak Kenaikan Harga BBM Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia

17 Jul 2024 11:37 wib. 125
0 0
Harga BBM
Sumber foto: jawapos.com

Selain itu, sektor industri dan pertanian juga akan terdampak oleh kenaikan harga BBM. Biaya produksi akan meningkat sehingga dapat menurunkan daya saing produk dalam pasar. Hal ini tentu juga akan berdampak pada lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat. Di sektor pertanian, kenaikan harga BBM dapat meningkatkan biaya produksi, seperti penggunaan traktor dan alat pertanian lainnya. Hal ini tentu akan berdampak pada kesejahteraan petani dan masyarakat pedesaan.

Pemerintah memiliki peran yang penting dalam mengatasi dampak negatif kenaikan harga BBM terhadap tingkat kemiskinan. Berbagai kebijakan yang pro-rakyat perlu diterapkan untuk melindungi masyarakat, terutama yang rentan terdampak. Subsidi terhadap harga BBM untuk golongan masyarakat tertentu atau sektor tertentu dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak kenaikan harga BBM terhadap biaya hidup.

Selain itu, diversifikasi sumber energi juga perlu ditingkatkan sebagai langkah untuk mengurangi ketergantungan pada BBM dan menekan fluktuasi harga energi. Pengembangan energi terbarukan dan efisiensi energi perlu didorong untuk mengurangi dampak kenaikan harga BBM terhadap ekonomi dan masyarakat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.