Tampang

Airlangga Buka Suara soal BBM Jenis Baru Bakal Dirilis Saat HUT RI

17 Jul 2024 08:49 wib. 128
0 0
Airlangga Buka Suara soal BBM Jenis Baru Bakal Dirilis Saat HUT RI
Sumber foto: google

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan rencana pemerintah terkait peluncuran bahan bakar minyak (BBM) jenis baru pada 17 Agustus 2024. Beliau menyatakan bahwa BBM rendah sulfur tidak akan diluncurkan pada perayaan HUT RI ke-79. Namun, detail mengenai tanggal pasti peluncuran BBM ramah lingkungan tersebut tidak diungkapkan.

Airlangga menegaskan, "Ya, jika Euro 4 harus memiliki kandungan sulfur rendah, dan tanggal peluncurannya bukan pada tanggal 17 (Agustus)." Hal ini ia sampaikan di kantornya, Selasa (16/7), sebagaimana dilansir oleh Detik Finance.

Informasi mengenai peluncuran BBM jenis baru pada 17 Agustus yang pertama kali mencuat berasal dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). "Peluncuran BBM rendah sulfur ini akan dimulai sebagai uji coba. 17 (Agustus) merupakan awal dari pelaksanaan pembangunannya," ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, sebagaimana dilansir oleh detik, pada Jumat (12/7).

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, juga menambahkan bahwa pihaknya kini tengah mencari bahan pencampur yang mampu mengurangi kandungan sulfur dalam BBM. "Kami sedang mencari bahan pencampur yang bisa mengurangi kandungan belerang. Saat ini, kandungan belerang masih sekitar 500 ppm. Namun, standar Euro 5 menetapkan batasan di bawah 50 ppm. Menuju standar tersebut tentu memiliki biaya. Namun, kilang kita di Balikpapan belum sepenuhnya selesai," katanya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengertian Orbita
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jun 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.