Tampang

Usai Gempa Kepulauan Izu Jepang Dilanda Tsunami Kecil

25 Sep 2024 20:00 wib. 44
0 0
Usai Gempa Kepulauan Izu Jepang Dilanda Tsunami Kecil
Sumber foto: Google

Berdasarkan laporan dari JMA, gempa berkekuatan magnitudo 5-6 ini terjadi pada kedalaman 30 kilometer di bawah laut. Episentrum gempa tercatat berjarak sekitar 185 kilometer dari kota Izu di Prefektur Shizuoka. Gempa ini juga dirasakan di beberapa kota besar di sekitar wilayah Kepulauan Izu, meskipun tidak ada laporan awal mengenai kerusakan parah atau korban jiwa.

Namun demikian, setelah gempa terjadi, JMA segera mengeluarkan peringatan tsunami bagi wilayah Kepulauan Izu. Tsunami yang dihasilkan dari gempa ini mencapai ketinggian 50 sentimeter, yang meskipun terbilang kecil, tetap menjadi ancaman serius bagi wilayah pesisir. Tsunami ini terpantau selama sekitar 45 menit setelah gempa, namun tidak dilaporkan adanya kerusakan yang signifikan akibat tsunami tersebut.

Pemukiman dan infrastruktur di wilayah pesisir Jepang secara umum telah dibangun dengan standar anti-gempa dan anti-tsunami yang tinggi, sebagai langkah preventif mengingat kondisi geografis Jepang yang rawan terhadap gempa dan tsunami. Meski begitu, kewaspadaan terus ditingkatkan mengingat potensi kejadian lanjutan yang dapat terjadi setelah gempa awal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.