Tampang

Semut Api Bangun 'Menara Eiffel' dari Badannya Sendiri

12 Jul 2017 22:16 wib. 2.153
0 0
Semut Api Bangun 'Menara Eiffel' dari Badannya Sendiri

Para periset mencatat bahwa struktur ini dibangun tanpa adanya pemimpin atau upaya terkoordinasi. Sebaliknya, setiap semut hanya berkeliaran tanpa tujuan, mengikuti seperangkat aturan tertentu yang bisa membantunya membangun menara. Model komputasi yang dikembangkan peneliti dapat memprediksi secara akurat bentuk menara dan tingkat pertumbuhan, kata studi tersebut.

"Untuk membangun struktur Menara Eiffel yang tinggi dan kokoh, semut tampaknya mengikuti peraturan perilaku sederhana yang sama seperti yang mereka ikuti untuk membangun rakit mengambang berbentuk panekuk di atas air," kata Tovey. "Sungguh luar biasa bahwa dua bentuk berskala besar yang dibentuk oleh kelompok semut sangat berbeda dan mencapai fungsi yang berbeda, namun muncul dari perilaku individu skala kecil yang sama."

Para peneliti sekarang ingin menganalisis "jembatan yang dibuat semut api dari tubuh mereka untuk melintasi celah di daerah," kata Tovey. "Mereka luar biasa, yang di depan saling berpelukan, menjuntai ke bawah dan ke luar ke sisi yang lain, dan mencengkeram dengan kuat di setiap ujungnya. Sisa semut lainnya melintasi jembatan. Kemudian, semut yang menyusun jembatan itu mendekonstruksinya mulai Dari sisi pertama, jadi pada akhirnya, semua semut sudah sampai ke sisi lain. "

Penelitian semacam itu bisa membantu menginspirasi penciptaan kawanan robot yang bisa membangun struktur kompleks dari tubuh mereka, kata Tovey.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?