Tampang

Khiva Kota Jalur Sutra Yang Paling Dirindukan Wisatawan

16 Mar 2024 05:32 wib. 155
0 0
Khiva Kota Jalur Sutra Yang Paling Dirindukan Wisatawan
Sumber foto: Google

Anita Sethi Ramakrishna, seorang India yang telah tinggal di Tashkent selama beberapa tahun terakhir dan sering bepergian ke Uzbekistan, mengatakan kepada saya bahwa menjelajahi Khiva membuatnya merasa seperti anak kecil. "Saya merasa seperti Alice di Negeri Ajaib, berjalan melewati labirin jalan kecil yang tiba-tiba terbuka menjadi alun-alun luas, dan bertemu dengan pengrajin dan pedagang yang menjual dagangannya."

Saya mendapatkannya. Meskipun kota ini luasnya mencapai 26 hektar, pusat wisata Itchan Kala padat dan mudah dijelajahi dengan berjalan kaki. Dan setiap kali saya berpikir saya telah berada di jalan yang sama sebelumnya, saya mendapati diri saya berbelok di tikungan yang berbeda dan menemukan sebuah monumen atau mausoleum baru. Atau menara yang belum selesai seperti Kalta Minor yang jongkok , dihiasi ubin majolica berlapis kaca dalam nuansa teal dan pirus yang menakjubkan.

Favorit saya adalah Tosh Hauli , atau istana batu, yang dibangun oleh Allakuli Khan pada pertengahan tahun 1830-an dan terletak di sudut menuju gerbang utara. Ubin di kamar dan halaman area harem tempat Khan tinggal bersama empat istri dan 40 selirnya, memiliki warna dan pola paling indah yang ditemukan di mana pun di Itchan Kala, menarik saya berulang kali untuk mengamati lebih dekat.

Benteng Kunya-Ark, yang merupakan kompleks istana besar lainnya di sini, dibangun pada abad ke-12 dan berisi ruang singgasana, mint, istal, dan masjid musim panas yang indah dengan ubin dinding biru dan langit-langit berwarna coklat, oranye, dan emas. Saya mengunjungi Tabut pada sore hari dan menaiki tangga curam dan sempit di menara pengawas untuk mencari matahari terbenam di gurun Khiva yang terkenal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

bang napi
0 Suka, 0 Komentar, 4 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?