Tampang

Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tanimbar Maluku Tak Berpotensi Tsunami

26 Jun 2024 22:42 wib. 188
0 0
Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tanimbar Maluku Tak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Tanimbar, Maluku, pada hari Senin (24/6/2024) pukul 16.55 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa tersebut terjadi pada koordinat 7.14 Lintang Selatan (LS), 130.02 Bujur Timur (BT) atau 170 km Barat Laut Tanimbar.

Menurut BMKG, gempa tersebut memiliki kedalaman 153 Km dan tidak berpotensi tsunami. Meskipun demikian, masyarakat tetap diimbau untuk selalu mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

Antisipasi Gempa Bumi
Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang dapat menimbulkan kerusakan dan bahaya bagi masyarakat. Oleh karena itu, tindakan preventif dan pengetahuan tentang tindakan yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah gempa perlu menjadi perhatian utama bagi masyarakat.

Sebelum Terjadi Gempa:
Sebelum terjadinya gempa, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko kecelakaan atau kerusakan akibat gempa bumi. Pertama, pastikan bahwa struktur dan letak rumah atau bangunan bisa terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi struktur bangunan agar lebih tahan terhadap guncangan gempa.

Kedua, penting untuk mengenali lingkungan tempat anda bekerja atau tinggal, perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat, dan ketahui di mana tempat yang paling aman untuk berlindung. Selain itu, belajar melakukan pertolongan pertama (P3K) dan mengetahui cara penggunaan alat pemadam kebakaran juga sangat dianjurkan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Uang
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.