Tampang

Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tanimbar Maluku Tak Berpotensi Tsunami

26 Jun 2024 22:42 wib. 191
0 0
Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tanimbar Maluku Tak Berpotensi Tsunami

Selanjutnya, catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi dan atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, atau bergeser saat terjadi gempa bumi. Benda-benda yang berat sebaiknya diletakkan pada bagian bawah dan diperiksa kestabilannya. Disarankan juga untuk menyimpan bahan mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran, serta mematikan air, gas, dan listrik jika tidak sedang digunakan.

Selain itu, mempersiapkan alat-alat darurat seperti kotak P3K, senter atau lampu baterai, radio, makanan suplemen, dan air juga merupakan hal yang sangat penting. Dengan persiapan yang matang, potensi kerugian akibat gempa bumi dapat diminimalisir.

Selama Gempa Terjadi:
Saat gempa bumi terjadi, langkah cepat dan tepat bisa menjadi kunci untuk keselamatan. Jika Anda berada di dalam ruangan, segera berlindung di bawah meja atau tempat yang kuat. Hindari tempat dengan kaca atau benda-benda yang bisa roboh dan coba untuk tenang agar bisa mengambil keputusan yang tepat.

Apabila Anda berada di luar ruangan, segera cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, pohon, atau bangunan yang mungkin roboh. Jangan panik dan jauhi daerah yang berpotensi terkena longsor atau tanah longsor. Setelah guncangan pertama mereda, selalu waspada terhadap gempa susulan yang dapat terjadi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Strategi Mencetak Poin dalam Badminton
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.