Tampang

Bendungan Tiga Ngarai China, Ukuran yang Sangat Besar hingga Bisa Mengubah Rotasi Bumi

21 Sep 2024 18:27 wib. 58
0 0
Bendungan Tiga Ngarai China, Ukuran yang Sangat Besar hingga Bisa Mengubah Rotasi Bumi
Sumber foto: Google

Bendungan Tiga Ngarai China, atau yang dikenal dengan Three Gorges Dam, merupakan sebuah keajaiban teknik modern yang tidak hanya memenuhi kebutuhan listrik dan transportasi air di China, tetapi juga memiliki dampak global yang signifikan. Dengan ukuran yang sangat besar, bendungan ini ternyata mampu mengubah rotasi bumi. Selain itu, Bendungan Tiga Ngarai juga membuat Bumi berbentuk hanya sedikit lebih bulat di bagian tengah, dan datar di bagian atas.

Dibangun di atas Sungai Yangtze, bendungan ini adalah yang terbesar di dunia dalam hal kapasitas pembangkit listriknya. Konstruksi megaproject ini dimulai pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 2006, dengan biaya konstruksi diperkirakan mencapai 27 miliar dolar AS. Bendungan Tiga Ngarai memiliki panjang sekitar 2,3 kilometer dan ketinggian sekitar 185 meter.

Saat bendungan ini dibangun, banyak ilmuwan mulai memperhatikan efeknya terhadap rotasi bumi. Sebagian besar bahan bangunan yang digunakan dalam pembangunan bendungan ini adalah beton yang cukup besar jumlahnya. Ketika beton dipadatkan, bentuk planet Bumi sebenarnya berubah sedikit. Efek ini dapat dijelaskan secara matematis melalui hukum kekekalan momentum sudut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.