Tampang

Abu Hurairah Sang Penjaga Harta Karun Ilmu

4 Jul 2024 14:58 wib. 27
0 0
padang pasir
Sumber foto: pinterest

Abu Hurairah, yang nama aslinya adalah Abdurrahman bin Sakhr, adalah sahabat Nabi yang terkenal dengan dedikasinya dalam menghafal dan menyebarkan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Nama 'Abu Hurairah' sendiri memiliki arti 'ayah dari kucing kecil', yang menunjukkan kesukaannya terhadap binatang peliharaan.

Sebelum memeluk Islam, Abu Hurairah hidup dalam kemiskinan di Mekah. Ia bertemu dengan Nabi Muhammad SAW pada tahun 629 M, saat Nabi sedang mengunjungi rumah sahabatnya, al-Muttalib bin Abd Manaf. Abu Hurairah memeluk Islam pada pertemuan itu dan sejak saat itu, hidupnya berubah secara radikal.

Ketika Abu Hurairah menjadi Muslim, ia dengan tekun mempelajari ajaran-ajaran Islam, terutama hadits-hadits Nabi. Salah satu kisah terkenal yang mencerminkan dedikasinya terjadi saat ia sering kali ditemui di masjid Nabawi, Madinah, menghabiskan waktu dengan Nabi Muhammad SAW untuk belajar dan mencatat hadits-hadits.

Abu Hurairah dianggap sebagai salah satu sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits, dengan jumlah mencapai ribuan. Kepopuleran Abu Hurairah dalam meriwayatkan hadits juga memunculkan perdebatan di antara para ulama tentang jumlah hadits yang diambil dari dirinya, namun tidak diragukan lagi bahwa ketekunan dan kesetiaannya terhadap ilmu adalah yang terdepan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%