Tampang

Semut Berikan Wawasan Interaksi Sosial

23 Agu 2017 09:58 wib. 1.778
0 0
Semut Berikan Wawasan Interaksi Sosial

Semut yang direkayasa secara genetik karena kekurangan "indra penciuman" mereka tidak dapat berkomunikasi, mencari makan atau berkompetisi menjadi ratu, karena antena dan sirkuit otak mereka gagal berkembang sepenuhnya. Inilah temuan sebuah penelitian yang dipublikasikan online 10 Agustus di jurnal Cell.

"Kami menemukan bahwa spesies semut dapat menjadi model pertama yang memungkinkan analisis fungsional gen secara mendalam yang mengatur interaksi sosial dalam masyarakat yang kompleks," kata penulis studi Danny Sineine Reinberg, PhD, Terry dan Mel Karmazin di Departemen Biokimia dan Farmakologi Molekuler di NYU School of Medicine, serta Investigator untuk Howard Hughes Medical Institute.

"Meskipun perilaku semut tidak langsung menjangkau manusia, kami percaya bahwa pekerjaan ini menjanjikan untuk memajukan pemahaman kita tentang komunikasi sosial, dengan potensi untuk membentuk rancangan penelitian masa depan mengenai gangguan seperti skizofrenia, depresi atau autisme yang mengganggu," kata Penulis yang sesuai Claude Desplan, PhD, profesor di New York University's Department of Biology.

Hasil saat ini didasarkan pada fakta bahwa semut berkomunikasi melalui feromon, mengeluarkan zat kimia yang memicu respons. Bau seperti itu digunakan untuk menyebarkan alarm sebagai pendekatan predator, meninggalkan jejak pada makanan, menunjukkan status sosial (kasta), dan kesiapan sinyal untuk dikawinkan, semuanya berada dalam masyarakat kooperatif yang mencapai tugas yang kompleks. Semut dapat menerima sinyal semacam itu karena mereka memiliki protein yang disebut reseptor odor pada antena mereka, dengan masing-masing protein untuk mengikat bahan kimia berbau tertentu.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

11 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
0 Suka, 0 Komentar, 25 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?