Tampang

Putin Memenangkan Pemilu Rusia dengan Telak Tanpa Persaingan yang Serius

18 Mar 2024 09:18 wib. 181
0 0
Putin Menang Lagi, Pemilu Rusia
Sumber foto: Reuters

Dikutip dari Reteurs-  Moskow pada tanggal 17 Maret, Presiden Vladimir Putin mencatat kemenangan besar dalam pemilihan Rusia pasca-Soviet pada hari Minggu, memperkuat dominasinya yang sudah kuat dengan hasil yang menegaskan pendiriannya dalam menentang Barat serta memberikan dukungan terhadap pasukan yang dikirim ke Ukraina. Sebagai mantan letnan kolonel KGB yang naik ke kekuasaan pada tahun 1999, Putin menekankan bahwa hasil pemilu ini seharusnya menjadi pesan bagi Barat, menuntut para pemimpinnya untuk memperhitungkan keberanian Rusia baik dalam situasi perang maupun perdamaian, menghadapi tantangan lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.

Dengan hasil ini, Putin yang berusia 71 tahun, akan memasuki masa jabatan enam tahun baru yang akan membuatnya melewati Josef Stalin dan menjadi pemimpin terlama di Rusia dalam lebih dari 200 tahun, asalkan dia menyelesaikan masa jabatannya. Putin meraih 87,8% suara, pencapaian tertinggi dalam sejarah Rusia pasca-Soviet, menurut survei yang dilakukan oleh Public Opinion Foundation (FOM). Sementara itu, Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) menempatkan dukungan untuk Putin pada angka 87%. Hasil resmi awal mengkonfirmasi ketepatan survei tersebut. Namun, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan beberapa negara lain menyatakan bahwa pemungutan suara tersebut tidak bebas dan adil karena penangkapan lawan politik dan sensor yang dilakukan.

Hasil sementara menunjukkan bahwa kandidat komunis Nikolai Kharitonov menempati posisi kedua dengan hanya mendapatkan kurang dari 4% suara, sementara pendatang baru Vladislav Davankov berada di peringkat ketiga, dan ultra-nasionalis Leonid Slutsky di peringkat keempat.

Dalam pidato kemenangannya di Moskow, Putin menyatakan kepada para pendukungnya bahwa ia akan memberikan prioritas pada penyelesaian tugas-tugas terkait dengan apa yang ia sebut sebagai "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina, serta memperkuat kekuatan militer Rusia.

Putin menekankan, "Kita memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan ke depan. Namun, saat kita mengkonsolidasikan kekuatan kita - terlepas dari upaya intimidasi atau penindasan dari pihak manapun - tak seorang pun dalam sejarah pernah berhasil melawan kita. Mereka belum berhasil sekarang, dan mereka tidak akan berhasil di masa depan."

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?