Tampang

Mendag: Harga Bahan Pangan Cenderung Turun Jelang Lebaran 2024

1 Apr 2024 17:15 wib. 83
0 0
Ilustrasi toko grosir
Sumber foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE/RWA

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengklaim bahwa harga bahan pangan cenderung turun dan stabil menjelang Lebaran 2024. Hal ini didasarkan pada pengamatannya di beberapa pasar. Menurutnya, harga bahan pokok (bapok) mulai menurun setiap pagi. Zulkifli berterima kasih kepada Kementerian Pertanian (Mentan), Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Satgas Pangan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta para kepala daerah atas kolaborasi dalam menstabilkan harga pangan. Hal ini disampaikan dalam Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Lebaran 2024 pada Senin (1/4).

Menurut Zulkifli, harga beras di pasar-pasar di Jawa dan Sumatera rata-rata turun sekitar Rp3.000 hingga Rp1.000 per kilogram. Penurunan harga tersebut terjadi bersamaan dengan masa panen, di mana volume bulan tersebut mencapai 3,8 juta ton. Harga beras saat ini hampir mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain itu, harga komoditas lain seperti daging ayam juga mengalami penurunan. Harga daging ayam saat ini rata-rata mencapai Rp40.000 per kilogram, sementara harga telur ayam mencapai Rp28.000-Rp27.000 per kilogram.

Berdasarkan pengamatan Zulkifli, harga-harga pangan menjelang hari raya seperti Natal, Tahun Baru, atau Lebaran selalu berjalan lancar dan dapat dikendalikan dengan baik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?