Tutup Iklan
glowhite
  
login Register
Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

28 Februari 2018 | Dibaca : 246x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Seringkali kecemasan dianggap salah satu hal yang berbahaya bagi kita. Padahal, rasa cemas ternyata dapat membantu mengingat berbagai hal atau kejadian yang telah dilalui. Hal ini dinyatakann dalam sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, kecemasan yang bermanfaat adalah rasa cemas yang masih terkontrol. Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi yang berubah menjadi ketakutan, yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes, seperti dikutip dari laman Indian Express.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," imbuh dia.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 diantaranya adalah wanita.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka.

Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut seperti dilansir Indian Express.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Berakhir Tragis, Separuh Tamu Undangan PernikahanTerkubur Longsor
24 Februari 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Jerit tangis dari keluarga korban pecah tatkala keranda yang membawa jasad keempat anak kecil itu diangkat. Saat itu mendung bergelayut di ...
Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Mengeluarkan Rekomnedasi Pengembalian Para Pejabat yang Dirombak
30 Juli 2018, by oteli w
Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Mengeluarkan Rekomnedasi Pengembalian Para Pejabat yang Dirombak Sebagaimana diketahui bebrapa waktu lalu, ...
Pertanian, Keju, dan Cara Mengunyah Mengubah Bentuk Tengkorak Manusia
27 Agustus 2017, by Rindang Riyanti
Munculnya pertanian, terutama produk susu, memiliki efek kecil namun signifikan terhadap bentuk tengkorak manusia, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini ...
2 Tewas di Tengah Demonstrasi karena Pemerkosaan, Kematian Anak Pakistan
11 Januari 2018, by Slesta
Sedikitnya dua orang tewas Rabu di tengah demonstrasi di Kasur, Pakistan, yang dipicu oleh pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis muda, pemerintah daerah ...
David Bechkam: Awet Muda Tanpa Biaya
29 Maret 2018, by Slesta
Tampang.com – Dalam rangka kegiatan amal, David Beckham mengunjungi Indonesia bersama perusahaan asuransi di acara AIA Sepak Bola utnuk Negeri. Siapa ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
powerman