Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

28 Februari 2018 | Dibaca : 418x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Seringkali kecemasan dianggap salah satu hal yang berbahaya bagi kita. Padahal, rasa cemas ternyata dapat membantu mengingat berbagai hal atau kejadian yang telah dilalui. Hal ini dinyatakann dalam sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, kecemasan yang bermanfaat adalah rasa cemas yang masih terkontrol. Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi yang berubah menjadi ketakutan, yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes, seperti dikutip dari laman Indian Express.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," imbuh dia.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 diantaranya adalah wanita.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka.

Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut seperti dilansir Indian Express.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

4 Masalah Kesehatan yang Akan Terjadi Jika Tidur Menggunakan Kipas Angin
26 Juli 2018, by Retno Indriyani
Tampang.com - Saat cuaca panas, pasti tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Banyak orang yang memanfaatkan kipas angin bahkan sudah menjadi suatu kewajiban ...
KONI Cirebon Minta Pemerintah Derah Dukung Anggaran Dana Persiapan Porda 2018
23 November 2017, by Admin
Tampang.com  – Setelah Porda Jabar XII/2014, banyak pertanyaan menggelayuti benak publik olahraga Kota Cirebon. Capaian 18 medali emas dan peringkat ...
KPU Jabar Tetapkan Ridwan Kamil dan UU jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar
24 Juli 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Rapat pleno KPU Jabar yang digelar hari ini di kantor KPU Jabar, Bandung menetapkan pasangan nmor urut 1 yaitu Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum ...
Sri Mulyani : Skema Baru Uang Pensiun PNS
27 Juni 2018, by Slesta
Tampang.com – Dalam upaya memberikan penghargaan kepada abdi negara yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemerintah saat ini sedang mengupayakan yang ...
10 Karakter Partner Bisnis Agar Bisnis Yang Dijalankan Mudah Berkembang
23 Agustus 2017, by Alfi Wahyu Prasetyo
Bisnis dan teman jelas dua hal yang berbeda dan gak bisa disamakan begitu saja. Partner bisnis adalah teman, tapi teman belum tentu bisa menjadi partner ...
Berita Terpopuler
Polling
Setujukah Banser dikirim ke Papua?
#Tagar
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab