Tutup Iklan
glowhite
  
login Register
Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

28 Februari 2018 | Dibaca : 215x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Seringkali kecemasan dianggap salah satu hal yang berbahaya bagi kita. Padahal, rasa cemas ternyata dapat membantu mengingat berbagai hal atau kejadian yang telah dilalui. Hal ini dinyatakann dalam sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, kecemasan yang bermanfaat adalah rasa cemas yang masih terkontrol. Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi yang berubah menjadi ketakutan, yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes, seperti dikutip dari laman Indian Express.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," imbuh dia.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 diantaranya adalah wanita.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka.

Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut seperti dilansir Indian Express.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Cara Wisata Murah dan Menentukan Tempat Wisata
27 Februari 2018, by Valentin Retnowati Christin Zai
Cara Wisata Murah dan Menentukan Tempat Wisata   Melihat kenyataan saat ini banyak sekali keluarga yang jarang berkumpul dan memili quality time ...
Unggahan Maaf Ruben Onsu Atas Pengeroyokan Karyawannya
12 Agustus 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Karena kejadian pengeroyokan karyawan rumah makan Geprek Bensu ampung kepada supri ojek online yang membuat sang supir cidera serius membuat ...
Kementerian Kesehatan Kongo Melaporkan Kematian Pertama Dalam Wabah Ebola
11 Mei 2018, by Slesta
Satu orang diyakini telah meninggal setelah wabah baru virus Ebola, Kementerian Kesehatan Republik Demokratik Kongo mengumumkan Kamis. Menteri Kesehatan Oly ...
Ciri-ciri Payudara yang Sehat
18 September 2017, by herline
Ciri-ciri Payudara yang Sehat - Selain menambah kecantikan, memiliki payudara yang sehat juga akan menambah rasa percaya diri bagi wanita. Lalu apakah payudara ...
Kasus Suap dan Gratifikasi, Bupati Mojokerto Dijadikan Tersangka oleh KPK
30 April 2018, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) kembali menetapkan seorang Kepala Daerah yaitu Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa sebagai tersangka kasus ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab