Tutup Iklan
SabunPemutih
  
login Register
Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

28 Februari 2018 | Dibaca : 190x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Seringkali kecemasan dianggap salah satu hal yang berbahaya bagi kita. Padahal, rasa cemas ternyata dapat membantu mengingat berbagai hal atau kejadian yang telah dilalui. Hal ini dinyatakann dalam sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, kecemasan yang bermanfaat adalah rasa cemas yang masih terkontrol. Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi yang berubah menjadi ketakutan, yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes, seperti dikutip dari laman Indian Express.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," imbuh dia.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 diantaranya adalah wanita.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka.

Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut seperti dilansir Indian Express.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

planet saturnus
13 Juli 2017, by Alfi Wahyu Prasetyo
Planet ke 6 yang berada diluar angkasa ini memiliki fakta baru. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bulan Saturnus bisa menampung 300 juta manusia. Apakah ...
Bisa Memainkan Musik Menambah Kecerdasan pada Anak
4 Oktober 2017, by Rio Nur Arifin
Anak-anak yang bermain biola atau belajar piano bisa belajar lebih dari sekedar Mozart. Tim psikiatri dari Universitas Vermont College of Medicine telah ...
ikatan dinas
7 Mei 2017, by Tonton Taufik
Mohon diinfokan kepada Siswa dan atau orang tua yg ingin menyekolahkan lanjut putra/i nya berikut Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dan Beasiswa, ...
Jika Anda Terpaska Cerai, Lakukan Hal Berikut Untuk Menolong Anak Anda
30 Juni 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Tidak ada anak yang menginginkan terlahir dan besar dengan keadaan hubungan orangtuanya berantakan hingga perceraian. Semua anak menginginkan keluarga yang ...
Danau Bled, Keindahan Bak Negeri Dongeng di Slovenia
24 September 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Danau Bled yang berada di Slovenia ini menjadi salah satu harta alam terbaik. Bagaimana tidak, perairan pada danau ini disebut-sebut sebagai ...
Berita Terpopuler
Polling
Vote untuk Presiden 2019-20124
#Tagar
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
glowhite