Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

Ternyata Rasa Cemas Baik untuk Ingatan Kita, Tapi ...

28 Februari 2018 | Dibaca : 385x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Seringkali kecemasan dianggap salah satu hal yang berbahaya bagi kita. Padahal, rasa cemas ternyata dapat membantu mengingat berbagai hal atau kejadian yang telah dilalui. Hal ini dinyatakann dalam sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, kecemasan yang bermanfaat adalah rasa cemas yang masih terkontrol. Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi yang berubah menjadi ketakutan, yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes, seperti dikutip dari laman Indian Express.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," imbuh dia.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 diantaranya adalah wanita.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka.

Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut seperti dilansir Indian Express.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Ini Menu Sarapan yang Tak Hanya Lezat Namun Juga Kaya Akan Nutrisi
17 Oktober 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Untuk menjaga aktivitas harian menjadi optimal, kegiatan sarapan tak boleh dilewatkan. Namun, sarapan tak hanya sekedar makan, tapi juga tetap ...
Perkemi Kota Cirebon Siap Bawa Pulang Emas di Porda Jabar 2018
22 November 2017, by Admin
Tampang.com  – Porda Jabar ke-12 pada tahun 2014 di Kabupaten Bekasi adalah kenangan terburuk bagi Persatuan Kempo Indonesia (Perkemi) Kota Cirebon. ...
Garuda Nusantara Hajar Timnas Thailand 3-0
8 Oktober 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com - Timnas U-19 Garud Nusantara berhasil tundukkan Timnas Thailand pada laga uji coba malam ini, Minggu (08/10) dengan skor cukup telak 3-0. Laga ...
Menjaga Netralitas, Mendagri: Gedung Milik TNI-Polri Mohon tidak Disewakan Kampanye
24 Januari 2018, by Zeal
Tampang - Memasuki tahun-tahun politik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, angkat bicara. Kali ini, dirinya mengingatkan kepada institusi TNI dan ...
Kepindahan Ronaldo Ke Juventus Telah Mencapai Puncak Karirnya di Real Madrid
11 Juli 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Sudah bisa dipastikan Cristiano Ronaldo mega bintang Real Madrid secara resmi akan mengenakan seragam Juventus. Kepindahan CR7 itu langsung di konfirmasi oleh ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
JasaReview