Tampang

Bisnis Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi Tersangka Korupsi PT Timah

29 Mar 2024 04:41 wib. 188
0 0
Suami Sandra Dewi Tersangka
Sumber foto: (Kolase berbagai sumber foto)

Kehidupan rumah tangga Sandra Dewi dan Harvey Moeis selama ini jauh dari gosip miring. Akan tetapi, sang suami yang tiba-tiba ditetapkan sebagai tersangka korupsi timah pada Rabu (27/3) kemarin cukup membuat publik heboh. Sang aktris pun sampai menonaktifkan kolom komentar media sosialnya demi menghindari komentar-komentar yang tak mengenakan.

Hubungan Harvey Moeis dengan PT Timah bukanlah hal yang baru. Keterlibatan Harvey Moeis dalam kasus PT Timah ini bermula pada 2018–2019 saat ia menjadi perwakilan PT Refined Bangka Tin (RBT). Ia diduga menghubungi Direktur Utama PT Timah saat itu Mochtar Riza Pahlevi Tabrani untuk mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah. Ujungnya, keduanya menyepakati sewa-menyewa peralatan processing peleburan timah di area tersebut.

Seperti diketahui, bisnis utama yang dijalankan Harvey Moeis adalah pertambangan batubara. Menurut situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), jabatannya saat ini adalah sebagai Presiden Komisaris di PT Multi Harapan Utama. Di samping itu, Harvey Moeis juga terlibat dalam kasus korupsi ini karena dugaan keterlibatannya dalam mengatur agar smelter PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN ikut menyisihkan sebagian keuntungannya untuk dibagikan kepada Harvey dan tersangka lainnya. 

Selain itu, Harvey Moeis memiliki kepemilikan saham yang fantastis di pasar modal, khususnya di industri pertambangan. Ia dikabarkan memegang 18,17% saham di perusahaan pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. Nilai saham yang dimilikinya mencapai angka US$185,6 juta atau setara dengan Rp2 triliun. 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?