Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

22 Agustus 2017 | Dibaca : 1048x | Penulis : Rio Nur Arifin

Pada tanggal 1 September, batuan raksasa yang berukuran 4,4 kilometer (2,7 mil) akan melewati bumi. Objek yang terdeteksi paling dekat dengan Bumi sejak NASA memulai program Observasi Near Earth pada tahun 1998.

18 kali jarak antara Bumi dan Bulan, asteroid ini tidak menimbulkan ancaman bagi kita, justru merupakan kesempatan besar bagi para astronom untuk mempelajari fenomena ini.

Terlepas dari ukurannya, kita tidak perlu takut akan asteroid yang dinamai Florence itu. Asteroid tersebut diperkirakan tidak akan mendekat lebih dekat dari 7 juta kilometer (4,4 juta mil).

Dari semua asteroid yang datang sejauh ini ke lingkungan kita, Florence adalah yang terbesar.

"Banyak asteroid yang akan lewat lebih dekat ke Bumi dibanding Florence pada tanggal 1 September nanti, tapi semuanya diperkirakan akan lebih kecil," kata Paul Chodas, manajer Pusat Penelitian Benda Dekat Bumi NASA.

Jika terjadi kemungkinan yang sangat buruk, dan asteroid tersebut meabrak planet kita, hampir pasti akan menjadi peristiwa perubahan iklim yang mampu menyapu bersih sebuah area seukuran sebuah negara kecil.

Mengetahui lebih banyak tentang bentuk, ukuran, dan komposisi Florence dapat mengungkapkan lebih banyak informasi tentang jalur orbitnya, atau memberikan informasi penting mengenai strukturnya yang dapat membantu kita menyempurnakan strategi masa depan dalam menghindari ‘bencana’.

Saat ini ada 1.825 benda berbahaya di sekitar Bumi yang dilacak oleh NASA.

Meskipun NASA telah berjasa banyak dengan memberikan informasi tersebut, namun kita tetap tidak memiliki ide apapun  tentang apa yang akan dilakukan jika sebuah asteroid seperti ini menabrak bumi.

Saat ini tidak ada teknologi yang bisa mencegah benda seukuran Florence untuk tidak menabrak bumi sewaktu-waktu. Sampai seseorang muncul dengan ide jeniusnya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tetap mengawasi segala macam benda langit diatas kita.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

rice cooker
23 Juli 2017, by Indah Nur Etika
Rice Cooker, alat elektronik yang pada umumnya digunakan untuk menanak nasi ini sudah digunakan dihampir tiap-tiap rumah. Namun, jika Rice Cooker yang ada di ...
Kasus Kaesang Masih didalami, Polisi : Senin Ada Keputusan Lanjut atau Tidaknya
8 Juli 2017, by Retno Indriyani
Tampang.com - Kaesang Pangarep, putra orang nomor 1 di Indonesia Presiden Joko Widodo , belum lama ini dilaporkan oleh seseorang terkait vlog nya di Youtube. ...
4 Bahaya Jika Kamu Mengalami Stress Berkepanjangan
7 Agustus 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Jika seseorang berada dalam tekanan, maka mereka biasanya merasakan rasa stress. Stress tersebut dapat berupa ketegangan pada fisik, emosi, ...
Manchester City Memastikan Diri Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champion 2017/2018
2 November 2017, by Rachmiamy
Tim asuhan Pep Guardiola memperkokoh posisinya di puncak klasemen sementara grup F setelah berhasil membawa pulang tiga poin dari kandang Napoli pada laga ...
Empati, Sifat Peduli yang Tak Boleh Berlebihan
23 Oktober 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Sifat empati pada saat ini mungkin menjadi salah satu sifat langka yang dapat ditemukan, mengingat orang-orang telah semakin bersifat ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab