Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

22 Agustus 2017 | Dibaca : 729x | Penulis : Rio Nur Arifin

Pada tanggal 1 September, batuan raksasa yang berukuran 4,4 kilometer (2,7 mil) akan melewati bumi. Objek yang terdeteksi paling dekat dengan Bumi sejak NASA memulai program Observasi Near Earth pada tahun 1998.

18 kali jarak antara Bumi dan Bulan, asteroid ini tidak menimbulkan ancaman bagi kita, justru merupakan kesempatan besar bagi para astronom untuk mempelajari fenomena ini.

Terlepas dari ukurannya, kita tidak perlu takut akan asteroid yang dinamai Florence itu. Asteroid tersebut diperkirakan tidak akan mendekat lebih dekat dari 7 juta kilometer (4,4 juta mil).

Dari semua asteroid yang datang sejauh ini ke lingkungan kita, Florence adalah yang terbesar.

"Banyak asteroid yang akan lewat lebih dekat ke Bumi dibanding Florence pada tanggal 1 September nanti, tapi semuanya diperkirakan akan lebih kecil," kata Paul Chodas, manajer Pusat Penelitian Benda Dekat Bumi NASA.

Jika terjadi kemungkinan yang sangat buruk, dan asteroid tersebut meabrak planet kita, hampir pasti akan menjadi peristiwa perubahan iklim yang mampu menyapu bersih sebuah area seukuran sebuah negara kecil.

Mengetahui lebih banyak tentang bentuk, ukuran, dan komposisi Florence dapat mengungkapkan lebih banyak informasi tentang jalur orbitnya, atau memberikan informasi penting mengenai strukturnya yang dapat membantu kita menyempurnakan strategi masa depan dalam menghindari ‘bencana’.

Saat ini ada 1.825 benda berbahaya di sekitar Bumi yang dilacak oleh NASA.

Meskipun NASA telah berjasa banyak dengan memberikan informasi tersebut, namun kita tetap tidak memiliki ide apapun  tentang apa yang akan dilakukan jika sebuah asteroid seperti ini menabrak bumi.

Saat ini tidak ada teknologi yang bisa mencegah benda seukuran Florence untuk tidak menabrak bumi sewaktu-waktu. Sampai seseorang muncul dengan ide jeniusnya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tetap mengawasi segala macam benda langit diatas kita.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

irwan prayitno
16 April 2017, by Zeal
Pembawa acara mempersilakannya naik ke podium. Dengan setengah melompat dia menaiki panggung. Gesit dan lincah. Badannya semampai. Sisa-sisa kehidupannya ...
Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin D
22 November 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Hingga kini, pentingnya asupan vitamin D masih dalam perdebatan oleh beberapa peneliti. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian menyatakan bahwa ...
Ledakan di Galangan Kapal Puloampel, Lima Orang Tewas
14 Agustus 2017, by Rio Nur Arifin
Tampang.com - Sebuah ledakan terjadi di galangan kapal milik Kementerian Perhubungan di Kampung Gondaran, Desa Puloampel, Kecamatan Puloampel, Kabupaten ...
Inilah 2 Tantangan Industri Sawit Nasional
10 April 2018, by Slesta
Tampang.com – Saat ini, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Salah satu yang sedang ditingkatkan adalah ...
Nikita Willy Dikejar Sapi Kurban Miliknya
1 September 2017, by Rachmiamy
Pada hari raya Idul Adha, kita sebagai seorang muslim yang mampu memang dianjurkan untuk berkurban. Baik itu berupa menyembelih seekor kambing ataupun sapi. ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab