Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

Asteroid Terdekat yang Pernah Melewati Bumi, Florence, Akan ‘Numpang Lewat’ 1 September Nanti

22 Agustus 2017 | Dibaca : 1358x | Penulis : Rio Nur Arifin

Pada tanggal 1 September, batuan raksasa yang berukuran 4,4 kilometer (2,7 mil) akan melewati bumi. Objek yang terdeteksi paling dekat dengan Bumi sejak NASA memulai program Observasi Near Earth pada tahun 1998.

18 kali jarak antara Bumi dan Bulan, asteroid ini tidak menimbulkan ancaman bagi kita, justru merupakan kesempatan besar bagi para astronom untuk mempelajari fenomena ini.

Terlepas dari ukurannya, kita tidak perlu takut akan asteroid yang dinamai Florence itu. Asteroid tersebut diperkirakan tidak akan mendekat lebih dekat dari 7 juta kilometer (4,4 juta mil).

Dari semua asteroid yang datang sejauh ini ke lingkungan kita, Florence adalah yang terbesar.

"Banyak asteroid yang akan lewat lebih dekat ke Bumi dibanding Florence pada tanggal 1 September nanti, tapi semuanya diperkirakan akan lebih kecil," kata Paul Chodas, manajer Pusat Penelitian Benda Dekat Bumi NASA.

Jika terjadi kemungkinan yang sangat buruk, dan asteroid tersebut meabrak planet kita, hampir pasti akan menjadi peristiwa perubahan iklim yang mampu menyapu bersih sebuah area seukuran sebuah negara kecil.

Mengetahui lebih banyak tentang bentuk, ukuran, dan komposisi Florence dapat mengungkapkan lebih banyak informasi tentang jalur orbitnya, atau memberikan informasi penting mengenai strukturnya yang dapat membantu kita menyempurnakan strategi masa depan dalam menghindari ‘bencana’.

Saat ini ada 1.825 benda berbahaya di sekitar Bumi yang dilacak oleh NASA.

Meskipun NASA telah berjasa banyak dengan memberikan informasi tersebut, namun kita tetap tidak memiliki ide apapun  tentang apa yang akan dilakukan jika sebuah asteroid seperti ini menabrak bumi.

Saat ini tidak ada teknologi yang bisa mencegah benda seukuran Florence untuk tidak menabrak bumi sewaktu-waktu. Sampai seseorang muncul dengan ide jeniusnya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tetap mengawasi segala macam benda langit diatas kita.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

RS Tabanan Gunakan Sistem Pendaftaran Online untuk Para Pasien
2 Agustus 2017, by Retno Indriyani
Tampang.com - Penggunaan sistem secara online semakin marak digunakan, setelah sebelumnya ramai dengan adanya ojek online kini ada pula rumah sakit yang ...
3 Peluang Bisnis Zaman Now Modal Smartphone dan Internet
26 April 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Era digital ini membuat peluang usaha semakin terbuka lebar dan persaingan pun juga semakin tinggi. Salah satunya adalah dengan modal smartphone Anda bisa ...
Google Terapkan Aturan Baru Soal Konten Video di Youtube Khususnya Konten-Konten Sensitif
26 Agustus 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Untuk pantau video-video yang berbau ekstrimis dan politik yang berbau SARA, akhirnya Google buat peraturan baru pada platform ...
Alasan Mengapa Memberikan Emoticon Pada Emailmu Lebih Merugikanmu
28 Agustus 2017, by Noor Azizah
Pernahkah kamu berpikir bahwa kamu akan terlihat lebih baik dan ramah di mata rekan-rekan yang kamu kirimi email di mana kamu tambahkan smile emoticon di akhir ...
7 Manfaat Umbi Talas Untuk Kesehatan
31 Maret 2018, by oteli w
Dilansir dari laman manfaat.co.id, umbi talas tumbuh hampir seukuran dengan lobak, memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan kulit berserat coklat. ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab