Tampang

Starlink Kurang Fleksibel, Sulit Gantikan 4G dan 5G?

13 Jun 2024 04:39 wib. 120
0 0
Starlink
Sumber foto: Goggle

Untuk diketahui, layanan internet berbasis satelit membutuhkan alat penangkap sinyal yang harus terus terhubung dengan sumber tenaga atau listrik. Tanpa pasokan listrik yang stabil, maka alat penangkap sinyal tidak dapat berfungsi. Disamping itu, alat penangkap sinyal juga harus terpapar secara langsung, dan tidak dapat terhalang oleh bangunan tinggi atau objek yang berada di atas posisi perangkat Starlink. Oleh karena itu, perangkat Starlink cenderung lebih efektif digunakan untuk keperluan maritim.

Sementara itu, layanan seluler dapat langsung digunakan di mana saja tanpa memerlukan alat penangkap sinyal berukuran besar maupun pasokan listrik seperti yang dipersyaratkan oleh koneksi satelit. Alat penangkap sinyal seluler telah tertanam langsung di smartphone, sehingga tidak memerlukan peralatan tambahan untuk tetap terhubung dengan jaringan.

Keberadaan Starlink yang kurang fleksibel dan sulit digunakan secara mobile menunjukkan bahwa layanan tersebut masih belum dapat sepenuhnya menggantikan 4G dan 5G dalam memberikan koneksi internet yang cepat, terutama untuk kebutuhan mobile. Meskipun Starlink menawarkan kecepatan yang tinggi, namun jika aspek fleksibilitas dan kenyamanan bagi pengguna tidak dapat dipenuhi, maka sulit bagi layanan tersebut untuk menggantikan peran 4G dan 5G sebagai penyedia layanan internet yang paling efektif dan efisien.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.