Tampang

Kota Busan Di Korea Selatan Dalam Ancaman Kepunahan

8 Jul 2024 15:13 wib. 35
0 0
Kota Busan Di Korea Selatan Dalam Ancaman Kepunahan
Sumber foto: Unsplash

Kota terbesar kedua di Korea Selatan, Busan, saat ini dihadapkan pada ancaman kepunahan. Permasalahan ini disebabkan oleh tingkat kelahiran yang menurun dan populasi yang menua. Studi yang dilakukan oleh Layanan Informasi Ketenagakerjaan Korea Selatan melaporkan bahwa rasio penduduk berusia 65 tahun ke atas di Busan telah mencapai 23% pada bulan Maret, membuatnya menjadi satu-satunya kota metropolitan yang menghadapi masalah super aging di negara tersebut. 

Indeks risiko kepunahan kota Busan dihitung dengan membagi jumlah penduduk perempuan berusia 20-39 tahun dengan jumlah penduduk berusia 65 tahun atau lebih. Hasil perhitungannya adalah 0,490, yang menempatkan Busan dalam kategori risiko kepunahan. Rasio ini menunjukkan pentingnya untuk mengevaluasi strategi dan kebijakan yang tepat untuk mencegah kepunahan populasi di kota ini.

Data populasi juga menunjukkan bahwa dari total 288 kota kabupaten dan kotamadya di Korea Selatan, 11 di antaranya mengalami depopulasi. Delapan dari kota-kota ini memiliki status kota metropolitan. Dari segi pendidikan, jumlah siswa sekolah dasar juga mengalami penurunan signifikan. Kelompok guru melaporkan bahwa rata-rata jumlah siswa per kelas sekolah dasar bisa turun ke tingkat satu digit dalam 10 tahun, akibat angka kelahiran yang rendah.

Forum yang membahas tingkat kelahiran juga melaporkan perkiraan penurunan jumlah rata-rata siswa sekolah dasar per kelas menjadi 9,3 pada tahun 2033 dan bahkan bisa turun lebih jauh lagi pada tahun 2060. Kelompok guru menekankan bahwa penurunan ini terlalu cepat dan bisa menyebabkan sistem pendidikan yang telah ada runtuh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%