Tampang

Penemuan Patung Buddha Kuno di Bukit Choras, Malaysia

1 Jul 2024 21:25 wib. 28
0 0
Penemuan Patung Buddha Kuno di Bukit Choras, Malaysia
Sumber foto: iStock

Arkeolog Malaysia telah berhasil menemukan patung Buddha yang diperkirakan berasal dari abad ke-8 atau ke-9 Masehi di Situs Peninggalan Arkeologi Bukit Choras, Yan, Kedah, Malaysia. Penemuan ini menjadi berita menarik karena usia patung Buddha tersebut jauh lebih tua daripada candi Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Kamboja.

Penelitian ini dipimpin oleh tim dari Pusat Penelitian Arkeologi Global (PPAG) Universitas Sains Malaysia (USM). Kerjasama dengan National Heritage Department (JWN) dan USM memungkinkan penelitian ini dilakukan dengan cermat. Proses penelitian ini berlangsung mulai dari 21 April hingga 21 Mei 2024. Hasil dari tahap ketiga penelitian ini berhasil mengungkap struktur bangunan dengan dinding bagian utara dan barat yang menunjukkan keunikan arsitektur dari candi Bukit Choras.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Roslan Abdul Rahman, menjelaskan bahwa patung Buddha yang ditemukan di situs ini memiliki keunikan tersendiri. Patung tersebut merupakan satu-satunya patung Buddha seukuran manusia yang terbuat dari plesteran — campuran kapur, air, dan pasir — yang ditemukan di dinding utara kuil. Patung ini juga memiliki ciri ikonografi yang jelas, seperti jubah, ekspresi wajah, dan pakaian, serta terdapat prasasti berbahasa Sansekerta yang diukir pada patung tersebut. Selain itu, temuan lainnya adalah pecahan tembikar tanah yang turut ditemukan di situs Bukit Choras.

Terlepas dari nilai sejarah dan keunikan patung ini, perhatian yang sangat serius diberikan terhadap langkah pengamanan dan penelitian lebih lanjut terhadap peninggalan ini. Oleh karena itu, patung Buddha ini telah dikeluarkan dari situs Bukit Choras dan dipindahkan sementara ke laboratorium PPAD USM untuk menjalani pekerjaan konservasi secara menyeluruh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%