Tampang

OpenAI: Israel Manfaatkan AI untuk Menyebarkan Narasi Anti-Hamas dan Islam Radikal

5 Jun 2024 16:38 wib. 219
0 0
Israel Apartheid
Sumber foto: google

OpenAI mengungkapkan bahwa Israel telah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan narasi anti-Hamas dan Islam radikal. Operasi tersebut, yang dinamakan 'Zero Zeno', dilaporkan telah melibatkan berbagai platform media sosial seperti Twitter (sekarang dikenal sebagai X), Facebook, Instagram, situs web, dan YouTube.

OpenAI mengindikasikan bahwa taktik ini diduga dilakukan oleh sebuah firma manajemen kampanye politik di Israel yang dikenal sebagai STOIC, yang menyewa aktor ancaman untuk menyebarkan konten negatif terhadap Hamas, Qatar, serta Islam radikal, sekaligus mem-posting konten pro-Israel, anti-BJP, dan pro-Histadrut.

Operasi ini ditujukan kepada audiens di Kanada, Amerika Serikat, dan Israel dengan menggunakan bahasa Inggris dan Ibrani. OpenAI juga menemukan bahwa operasi ini telah melebar ke negara lain, khususnya India.

Operasi 'Zero Zeno' mencakup penggunaan model AI dari OpenAI untuk menghasilkan artikel web, komentar di media sosial, serta menciptakan akun palsu beserta biodata di platform-platform sosial media. Bahkan, aktor yang terlibat dalam operasi ini juga menggunakan AI untuk melakukan penelitian terhadap individu di Israel yang mengomentari terbuka tentang serikat buruh Histadrut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%