Tampang

Masih Marak, 537 Pinjol Ilegal Kembali Diblokir Satgas

19 Apr 2024 11:30 wib. 60
0 0
entitas pinjol
Sumber foto: Foto: Ilustrasi/Ist

Tak hanya itu, Satgas juga berhasil menemukan 48 konten penawaran pinjaman pribadi (Pinpri) dan 17 entitas yang melakukan penawaran investasi atau kegiatan keuangan ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat dan melanggar ketentuan penyebaran data pribadi. Dari 17 entitas yang melakukan penawaran investasi atau kegiatan keuangan ilegal, 13 di antaranya diketahui melakukan penawaran investasi tanpa izin.

Adapun modus operandi yang digunakan oleh entitas ilegal tersebut sangat bervariasi. Satu entitas diketahui melakukan penipuan dengan modus penawaran kerja paruh waktu dengan sistem deposit, dua entitas lainnya melakukan kegiatan perdagangan aset kripto tanpa izin, sedangkan satu entitas lagi melakukan kegiatan perdagangan dengan sistem multi-level marketing tanpa izin.

Data yang disampaikan oleh Satgas PASTI memperlihatkan bahwa penyebaran pinjaman online ilegal dan kegiatan ilegal di bidang keuangan masih menjadi ancaman serius. Selain merugikan masyarakat secara finansial, hal ini juga dapat menimbulkan dampak psikologis dan sosial yang cukup signifikan. Hal tersebut memperjelas urgensi dalam menanggulangi serta melakukan langkah pencegahan yang lebih efektif terhadap praktik ilegal di sektor keuangan ini.

Kerjasama lintas sektor juga perlu ditingkatkan guna menangkal praktik ilegal, memberikan perlindungan bagi masyarakat, dan memastikan keamanan dalam bertransaksi keuangan secara daring.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Inilah Tips Bangkit Dari Kegagalan
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jul 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?