Tampang

Waspada, Demensia Timbulkan Gangguan pada Fungsi Kehidupan Sehari-hari

2 Jul 2018 16:08 wib. 1.494
0 0
Waspada, Demensia Timbulkan Gangguan pada Fungsi Kehidupan Sehari-hari

Demensia (kepikunan) merupakan bencana dahsyat bagi siapa saja yang mengalaminya. Betapa menderita saat penyakit itu datang. Hidupnya menjadi rusak dan tidak bermakna. Karena itu, tidak ada seorang pun yang menginginkan demensia terjadi. Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia manusia, sejumlah penyakit degeneratif seperti demensia tidak bisa dielakkan. Kehadiran demensia memang tidak bisa dilepaskan dari proses menua tubuh manusia. Meskipun sebenarnya di sejumlah kasus penyakit demensia ditemukan juga di kalangan orang muda. Akan tetapi, umumnya penyakit tersebut menyerang usia anjut, yakni sekira 60 tahun.

Oleh karena itu, tidak aneh, bagi sebagian orang menjadi tua adalah hal yang menakutkan. Ketika memasuki usia tua, banyak orang yang hidupnya terasa berat dan tertekan. Mereka tidak siap dengan perubahan dan segala konsekuensi yang ditimbulkan dari usia tua. Padahal, proses menua merupakan bagian alami dari siklus hidup manusia yang tidak bisa kita hindari.

Menjadi tua tidak bisa kita hindari. Yang terpenting proses menua dalam tubuh kita tidak mengganggu kesehatan kita, di antaranya kita bisa terhindar dari penyakit degeneratif seperti demensia, yakni menurunnya kemampuan kognitif kita.

Demensia adalah suatu terminologi yang digunakan untuk menerangkan penyakit otak degeneratif yang progresif. Penyakit tersebut menyebabkan sel-sel otak kita mati secara abnormal. Akibatnya, daya ingat, pemikiran, tingkah laku, dan emosi kita menjadi terganggu. Oleh karena itu, jika seseorang mengalami demensia, sedari dini dia harus segera mendapat pengobatan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?