Tampang

Google mengumumkan chip berbasis Arm Custom, mengikuti upaya serupa di Amazon dan Microsoft

12 Apr 2024 07:00 wib. 39
0 0
Google mengumumkan chip berbasis Arm Custom, mengikuti upaya serupa di Amazon dan Microsoft
Sumber foto: gizmologi.id

Google berusaha untuk membuat komputasi awan menjadi lebih terjangkau dengan menggunakan chip server yang dibangun khusus berbasis Arm. Di konferensi Cloud Next di Las Vegas pada hari Senin, perusahaan ini mengatakan bahwa prosesor baru tersebut akan tersedia pada akhir tahun 2024.

Google telah menggunakan komputer server berbasis Arm untuk keperluan internal dalam menjalankan iklan YouTube, basis data BigTable dan Spanner, serta alat analisis data BigQuery. Perusahaan ini akan secara bertahap beralih ke instansi Arm berbasis awan, yang diberi nama Axion, ketika instansi tersebut tersedia, kata seorang juru bicara.

Dengan adanya chip berbasis Arm baru, Google sedang berusaha mengejar ketertinggalan dari pesaing-pesaingnya seperti Amazon dan Microsoft, yang telah menggunakan strategi serupa selama bertahun-tahun. Para raksasa teknologi ini bersaing ketat di pasar infrastruktur awan yang sedang berkembang, di mana organisasi menyewa sumber daya di pusat data jauh dan membayar berdasarkan penggunaannya.

Selain itu, penggunaan chip berbasis Arm dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi energi dalam infrastruktur awan. Chip ini biasanya lebih hemat energi dibandingkan dengan chip x86 tradisional, yang dapat mengurangi biaya pemrosesan dan meningkatkan kecepatan komputasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

madinah
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?