Tampang

Ekspansi Terbesar Google Translate: 110 Bahasa Baru, Mendukung Lebih Banyak Dialek di Asia Tenggara

29 Jun 2024 21:36 wib. 45
0 0
Ekspansi Terbesar Google Translate: 110 Bahasa Baru, Mendukung Lebih Banyak Dialek di Asia Tenggara
Sumber foto: iStock

Google Translate melakukan perluasan layanan secara signifikan pada hari Kamis lalu (27 Juni), dengan menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru. Ini adalah perluasan terbesar dalam sejarah platform terjemahan ini, yang kini mencakup total 243 bahasa. Penambahan ini mencakup lebih dari 614 juta orang, atau sekitar 8% dari populasi dunia, dengan sejumlah besar bahasa di wilayah Afrika.

Penambahan bahasa baru menjadi mungkin berkat Google PaLM 2 large language model (LLM), yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mempelajari bahasa, terutama bahasa terkait atau dialek regional. Kemajuan dalam AI, khususnya model bahasa PaLM 2, telah memungkinkan layanan terjemahan untuk mempelajari bahasa terkait dengan lebih mudah dan efisien.

Beberapa bahasa yang baru ditambahkan termasuk beberapa yang paling diminta, seperti Bahasa Bali, Fiji, Portugis Eropa, Tahiti, dan Tibet.

Sementara itu, bahasa regional Asia Tenggara yang ditambahkan ke daftar tersebut meliputi bahasa Aceh, Bali, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Toba, Betawi, Bikol, Hakha Chin, Hiligaynon, Iban, Jingpo, Kapampangan, Madura, Makassar, Melayu (Jawi), Minangkabau, Pangasinan, Shan, Tetum, dan Waray.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%