Tampang

Diam-diam, Indonesia Bisa Memproduksi Tank dan Drone

14 Jul 2024 09:27 wib. 69
0 0
Diam-diam, Indonesia Bisa Memproduksi Tank dan Drone
Sumber foto: iStock

Holding BUMN Industri Pertahanan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama DEFEND ID, rupanya telah mulai memproduksi alat perang berat seperti tank hingga drone. Fokus pada peningkatan skala bisnis pertahanan dan non-pertahanan dengan menguatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi strategi yang diimplementasikan oleh DEFEND ID.

Menurut dokumen produksi Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan atau Alpalhankam BUMN Pertahanan tersebut, peningkatan skala bisnis pertahanan dan non-pertahanan DEFEND ID dilakukan melalui penguatan TKDN sebagai strategi implementasi dual use technology. 

Salah satu produk unggulan yang telah diproduksi oleh DEFEND ID adalah Harimau Medium Tank, yang sebagian besar bahan bakunya berasal dari TKDN. Medium Tank Harimau ini diproduksi oleh PT Pindad, yang merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam holding DEFEND ID.

Tank ini didesain khusus untuk mendukung operasi militer di daerah tropis. Harimau Medium Tank merupakan simbol kekuatan baru Indonesia dalam menghadapi tantangan pertahanan modern. Tank ini memiliki transmisi X300 Caterpillar Full Automatic dengan daya maksimal 711 horsepower (HP) serta berat mencapai 30 ton. Spesifikasi lainnya termasuk Turret Utama Cockerill Kaliber 105 mm, autoloader, pencari jangkauan laser untuk mendeteksi musuh, sistem peringatan laser dengan jangkauan maksimal 10 km, dan ketahanan anti peluru STANAG 4569 level 5.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?