Tampang

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar Hingga Dua Bulan

5 Jun 2024 09:58 wib. 693
0 0
Tips Daging Kurban Tetap Segar
Sumber foto: Goggle

Idul Adha, momen hari besar umat Islam yang diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban, seringkali meninggalkan berbagai tantangan dalam menyimpan daging kurban yang melimpah. Pemeluk agama Islam biasanya memiliki banyak daging kurban setelah perayaan Idul Adha yang harus disimpan dengan baik agar tetap segar dan layak konsumsi. Namun, menyimpan daging kurban dengan cara yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas, keamanan, dan keawetan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan daging kurban adalah proses penyimpanan yang tepat. Pendekatan yang salah dapat menyebabkan daging cepat rusak dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui metode dan tips praktis untuk menyimpan daging kurban agar tetap segar, sehat, dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menyimpan Daging Kurban
1. Daging Kurban tak Perlu Dicuci
Universitas Gadjah Mada (UGM) menyarankan bahwa dalam proses penyimpanan, daging kurban bisa langsung disimpan tanpa dicuci terlebih dahulu. Ini disebabkan oleh potensi pencucian yang dapat memberi peluang bagi penyakit-penyakit yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging. Proses ini juga dapat meminimalkan resiko kontaminasi bakteri pada daging.

2. Potong Kecil Daging Sebelum Disimpan
Kompas.com merekomendasikan untuk memotong daging sapi maupun kambing mentah menjadi kecil-kecil sebelum disimpan. Hal ini akan membantu dalam proses pencairan saat daging dikeluarkan dari freezer. Selain itu, potongan-potongan kecil daging mentah juga akan meminimalkan kontak daging dengan tangan yang mungkin terkontaminasi bakteri, yang dapat meminimalisir penyebaran bakteri.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%