Tampang

The Settlers, Film Puitis nan Brutal soal Genosida di Chile.

1 Apr 2024 07:43 wib. 109
0 0
The Settlers
Sumber foto: dok. Quijote Films/The Settlers

Tak lama setelahnya, suasana horor langsung menyelimuti penonton. Para pekerja tidak hanya harus bekerja keras, tetapi mereka dinilai berdasarkan kesehatan jasmaninya. Ketika salah satu dari mereka terluka dan kehilangan lengan, seorang utusan Menendez datang dan menembak mati pekerja tersebut. Hal ini menjadi awal dari suasana mencekam yang akan terus menghantui tanpa jeda.

2. Gambaran Keserakahan Manusia yang Tidak Terbatas

Utusan tersebut kemudian menemui Menendez di tendanya. Dia tampak mengenakan jas merah (seragam tentara Kerajaan Inggris) dan berbicara dengan logat Inggris yang kental. Dia menyebut namanya MacLennan, mengaku terakhir berpangkat letnan. Ia kini bekerja untuk Menendez dan mendapatkan tugas untuk "mengamankan" lahan-lahan di Tierra del Fuego. Dalam konteks ini, "mengamankan" termasuk memastikan tidak ada orang asli yang akan mengganggu rencana bisnisnya di lahan-lahan tersebut.

Dia ditemani oleh seorang tentara bayaran bernama Bill (Benjamín Westfall) yang berbicara dengan logat Texas, dan seorang penunjuk arah bernama Segundo (Camilo Arancibia), pemuda dengan kemampuan menembak brilian dan berlatar belakang mestizo (campuran orang asli dan keturunan kulit putih). Dari situ, perburuan mereka pun dimulai. Selama proses tersebut, penonton akan menyaksikan beberapa adegan kekerasan yang menyayat hati. MacLennan dan Bill tampak menikmati itu semua, sementara hanya Segundo yang masih waras dan tampak jijik dengan perilaku keji dari kedua orang tersebut.

3. Perjalanan Lambat dan Puitis, Tanpa Menghilangkan Elemen Brutalisme

Menariknya, tidak semua detail aksi genosida ditampilkan di layar oleh Galvez. Pada babak terakhir film, pemerintah Chile mulai gencar melakukan upaya nation building (pembentukan identitas suatu bangsa). Saat itu, pemerintah Chile tampak berusaha menyelesaikan dosa masa lalu pendatang Eropa mereka dan mendorong para penduduk asli Amerika Selatan untuk berasimilasi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?