Tampang

Bioluminesensi di Lautan: Misteri Cahaya Alami di Kedalaman Laut

10 Jun 2024 15:09 wib. 43
0 0
bioluminesensi
Sumber foto: Pinterest

Di kedalaman laut yang gelap, ada salah satu fenomena alam paling menakjubkan yang terjadi: bioluminesensi. Bioluminesensi adalah kemampuan organisme hidup untuk memancarkan cahaya alami. Fenomena ini terjadi di laut, dan terutama di kedalaman laut yang dalam. 

Cahaya alami yang dipancarkan oleh makhluk laut ini telah menjadi misteri selama berabad-abad. Namun, dengan perkembangan teknologi dan penelitian ilmiah, manusia semakin memahami alasan di balik kemampuan mengagumkan ini. 

Organisme yang mampu memancarkan cahaya ini termasuk hampir semua jenis makhluk laut, mulai dari mikroskopis hingga yang lebih besar, seperti cumi-cumi, ikan, dan sotong. Mereka menggunakan cahaya alami ini untuk berbagai tujuan, termasuk komunikasi, menarik mangsa, atau mengelabui predator. 

Salah satu contoh yang paling menakjubkan dari bioluminesensi ini terjadi ketika gerombolan ikan atau cumi-cumi yang memancarkan cahaya bergerak di bawah permukaan laut. Gerakan mereka menghasilkan efek yang memukau, hampir seperti menonton pertunjukan cahaya di dalam air. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%