Tampang

Pembentukan Kerajaan Islam dan Peradaban di Andalusia

3 Jul 2024 19:07 wib. 29
0 0
kerajaan islam
Sumber foto: pinterest

Pada abad ke-8 Masehi, terjadi Peradaban peristiwa penting dalam sejarah dunia Islam, yakni pembentukan Kerajaan Islam di Andalusia. Peristiwa ini menjadi titik awal bagi perkembangan peradaban yang cemerlang di wilayah tersebut. Kerajaan Islam di Andalusia juga memunculkan berbagai kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan arsitektur yang berdampak besar pada peradaban dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas proses pembentukan Kerajaan Islam di Andalusia dan dampaknya terhadap peradaban saat itu.

Pembentukan kerajaan Islam di Andalusia dimulai pada tahun 711 Masehi ketika pasukan Muslim dari Afrika Utara yang dipimpin oleh Tariq bin Ziyad menaklukkan Semenanjung Iberia, yang kini dikenal sebagai Spanyol. Penaklukan ini menyebabkan jatuhnya wilayah Visigoth, suku bangsa Jerman yang memerintah di Semenanjung Iberia pada masa itu. Dengan jatuhnya wilayah Visigoth, para penakluk Muslim mendirikan kekuasaan politik dan berbagai kerajaan Islam mulai bermunculan di Andalusia.

Salah satu peranan penting dalam pembentukan Kerajaan Islam di Andalusia adalah kontribusi dari para penguasa Umayyah dari Damaskus. Setelah kekalahan mereka dari Abbasiyah di Timur Tengah, para penguasa Umayyah mencari perlindungan di wilayah Andalusia, yang pada saat itu disebut Al-Andalus. Penguasa Umayyah ini kemudian mendirikan Emirat Cordoba, salah satu kerajaan Islam pertama di Andalusia. Dengan demikian, terbentuklah basis kekuasaan politik dan agama yang kuat di wilayah tersebut.

Pembentukan Kerajaan Islam di Andalusia tidak hanya melibatkan proses politik, namun juga dipengaruhi oleh perkembangan budaya, ilmu pengetahuan, dan seni. Salah satu dampak positif dari pembentukan kerajaan Islam ini adalah adanya penerjemahan karya-karya klasik Yunani dan Romawi ke dalam bahasa Arab. Hal ini menciptakan suatu pusat pembelajaran dan penemuan ilmiah di Andalusia yang menjadi pusat pengetahuan terkemuka pada masanya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%