Tampang

Mengenal Tradisi Odalan di Bali

22 Jul 2024 23:00 wib. 207
0 0
Mengenal Tradisi Odalan di Bali
Sumber foto: google

Odalan adalah salah satu tradisi keagamaan terpenting di Bali, yang menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Hindu Bali. Odalan merujuk pada perayaan ulang tahun pura (tempat ibadah Hindu), yang dirayakan setiap 210 hari sekali sesuai dengan kalender Bali, yaitu kalender Pawukon. Perayaan ini adalah saat untuk menghormati dewa-dewa dan leluhur, serta memperkuat ikatan sosial dan spiritual dalam komunitas. 

 Sejarah dan Asal Usul Odalan

Tradisi Odalan telah ada sejak berabad-abad lalu dan menjadi salah satu warisan budaya yang masih lestari hingga kini. Asal usul tradisi ini terkait erat dengan kepercayaan Hindu Bali yang menggabungkan unsur-unsur agama Hindu dari India dengan adat istiadat lokal. Pura-pura di Bali, baik yang besar maupun yang kecil, memiliki tanggal Odalan masing-masing yang dihitung berdasarkan kalender Pawukon.

 Persiapan dan Pelaksanaan Odalan

Persiapan untuk Odalan dimulai jauh sebelum hari perayaan itu sendiri. Masyarakat desa bersama-sama membersihkan pura, menghiasnya dengan janur, bunga, dan kain-kain berwarna. Pura dihias dengan indah menggunakan penjor (bambu yang dihiasi dengan daun kelapa muda), dan berbagai dekorasi yang melambangkan kemakmuran dan kesuburan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.