Tampang

Amalan dan Doa Pelunas Utang yang Mustajab dari Rasulullah

16 Jun 2024 16:45 wib. 41
0 0
Amalan dan Doa Pelunas Utang yang Mustajab dari Rasulullah
Sumber foto: pinterest

Amalan dan doa merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Saat menghadapi persoalan keuangan, termasuk utang yang menumpuk, Rasulullah memberikan beberapa amalan dan doa yang mustajab untuk membantu umatnya menyelesaikan masalah pelunasan utang.

Amalan yang Pertama: Bersedekah Sebelum Membayar Utang
Salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah terkait pelunasan utang adalah bersedekah sebelum membayar utang. Rasulullah bersabda, "Hendaklah kalian bersedekah sebelum kalian membayar utang." (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah). Dengan bersedekah sebelum membayar utang, keberkahan dan kesuksesan dalam pelunasan utang dapat terwujud. Bersedekah juga menjadi amalan yang menjadi cara untuk membuka pintu rezeki bagi pelunas utang.

Doa yang Mustajab: Doa Pelunasan Utang
Rasulullah juga memiliki doa khusus untuk pelunasan utang yang merupakan salah satu doa mustajab. Doa tersebut adalah "Allahumma akfini bihalalika 'an haramik, wa aghnini bifadlika 'amman siwak" yang artinya "Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki yang halal dari Engkau sehingga aku tidak memandang kepada rezeki yang haram, dan cukupilah aku dengan kekayaan dari limpahan rahmat-Mu sehingga aku tidak memerlukan selain dari-Mu" (HR. Abu Dawud). Doa ini diajarkan Rasulullah sebagai doa yang harus diucapkan oleh setiap muslim yang memiliki utang, karena doa ini merupakan perantara untuk memohon perlindungan dari meminjam harta secara haram dan mendapatkan kecukupan dari rezeki halal.

Amalan yang Kedua: Menjaga Kepercayaan dalam Berutang
Rasulullah juga mengajarkan umatnya untuk menjaga kepercayaan dalam berutang kepada orang lain. Beliau bersabda, "Barangsiapa yang berutang maka hendaklah dia memeliharanya dan membayar utangnya" (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan menjaga kepercayaan dalam berutang, seseorang akan mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pelunasan utang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%