Tampang

Jika Menemukan Uang di Jalan, Lakukan Amalan Ini agar Rezeki Mengalir Deras dari Segala Arah, Kata Buya Yahya

24 Apr 2024 21:26 wib. 43
0 0
Jika Menemukan Uang di Jalan, Lakukan Amalan Ini agar Rezeki Mengalir Deras dari Segala Arah, Kata Buya Yahya
Sumber foto: google

Saat menemukan uang tergeletak di jalan, seringkali muncul kebingungan tentang apa yang seharusnya dilakukan. Ada yang langsung mengambilnya, namun ada juga yang mengabaikannya. Namun, menurut Buya Yahya, terdapat amalan tertentu yang sebaiknya dikerjakan ketika menemukan uang di jalan agar mendapat rezeki berlimpah dari segala arah.

Sebagai seorang muslim, Buya Yahya mengingatkan mengenai prinsip yang harus diterapkan dalam diri seorang muslim ketika menemukan uang atau benda lainnya di jalan. Pertama-tama, Buya Yahya menegaskan bahwa kita sebaiknya tidak membiasakan diri untuk menginginkan sesuatu yang bukan milik kita. Hal ini penting agar tidak terjerumus dalam perilaku tamak dan tidak menghargai hak orang lain.

Menurut Buya Yahya, bahkan untuk suatu barang yang kecil sekalipun, seharusnya kita tidak pernah menganggap bahwa barang tersebut tidak ada yang punya. Kita harus mengajarkan pada diri sendiri dan juga pada anak-anak bahwa setiap barang, sekecil apa pun, memiliki pemiliknya. Pemahaman ini harus ditanamkan pada diri umat Islam sejak dini agar kelak tidak melanggar hak orang lain.

Dalam Islam, terdapat kaidah yang diatur ketika menemukan suatu barang. Buya Yahya menjelaskan bahwa jika barang yang ditemukan tergolong kecil atau tidak terlalu bernilai, seperti pulpen atau buku, maka yang harus dilakukan adalah mengumumkannya terlebih dahulu. Diumumkan dengan cara yang memastikan bahwa pengumuman itu dapat diketahui oleh orang banyak, bukan hanya formalitas belaka. Jika setelah diumumkan tidak diketahui siapa pemiliknya, maka barang tersebut boleh dipakai.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?