Tampang

Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2024 Digelar 9 April

5 Apr 2024 08:51 wib. 73
0 0
Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2024 Digelar 9 April
Sumber foto: Google

Sidang Isbat merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan juga hari raya Idul Fitri. Pada tahun 2024, sidang isbat penetapan hari raya Idul Fitri telah dijadwalkan akan digelar pada tanggal 9 April.

Sidang isbat memiliki peran penting dalam menentukan hari raya Idul Fitri, karena menunggu hilal atau bulan sabit baru merupakan salah satu cara bagi umat Muslim dalam menentukan awal bulan Ramadhan. Keputusan yang dihasilkan dari sidang isbat ini kemudian dijadikan acuan bagi seluruh umat Muslim di Indonesia untuk menentukan waktu awal puasa dan juga waktu pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Kementerian Agama Republik Indonesia, sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam urusan keagamaan di Indonesia, memiliki tugas penting dalam menyelenggarakan sidang isbat. Proses penentuan awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri dilakukan dengan serius dan teliti, melibatkan para ahli, tokoh agama, serta perangkat teknologi terkini untuk memastikan keakuratan hasil penetapan tersebut.

Penetapan tanggal sidang isbat pada tanggal 9 April 2024 ini merupakan hasil koordinasi antara Kementerian Agama, Badan Hisab Rukyat, dan berbagai unsur terkait lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penetapan tersebut dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan tuntutan syariat Islam.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?