Tampang

Retno Marsudi Ungkap Keterlibatan Perempuan Penting dalam Diplomasi

24 Okt 2024 22:44 wib. 34
0 0
Retno Marsudi Ungkap Keterlibatan Perempuan Penting dalam Diplomasi
Sumber foto: Google

Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, secara lugas mengungkapkan bahwa peran serta perempuan dalam diplomasi semakin penting dan diakui di dunia internasional. Retno mengatakan bahwa citra perempuan di dunia internasional, khususnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) semakin positif. Bahkan, salah satu bukti nyata pengakuan terhadap peran perempuan dalam diplomasi adalah penunjukan Retno Marsudi sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air.

Retno Marsudi, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dari tahun 2014 hingga 2024, telah membuktikan bahwa perempuan mampu untuk memimpin dan berperan aktif dalam urusan internasional, terutama dalam diplomasi. Berbagai kebijakan luar negeri yang diambilnya selama menjabat telah memberikan dampak positif bagi Indonesia, serta menunjukkan bahwa perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki dalam memimpin di kancah internasional.

"Saya adalah orang Indonesia pertama yang ditunjuk sebagai utusan khusus Sekjen. Saya ingat betul proses ini memakan waktu hampir 2 tahun, dan mencari semua yang daftar negara-negara banyak. Sekjen PBB mengatakan 'i want a women' untuk duduk di situ," ujar Retno saat menghadiri Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2024 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (23/10).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

niat dan doa qurban
0 Suka, 0 Komentar, 17 Jun 2024
Tumis Buncis
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.