Tampang

DKPP Jatuhkan Sanksi ke Bawaslu Lantaran Tak Gubris Laporan Warga

20 Mar 2024 19:56 wib. 100
0 0
DKPP Jatuhkan Sanksi ke Bawaslu Lantaran Tak Gubris Laporan Warga
Sumber foto: Google

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menjatuhkan sanksi terhadap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lantaran tidak menggubris laporan yang disampaikan oleh warga. Keputusan ini merupakan langkah yang menunjukkan komitmen DKPP dalam menegakkan aturan dan melindungi hak-hak masyarakat terkait proses pemilu di Indonesia  Ketua DKPP Heddy Lugito mengatakan sanksi atas perkara nomor 7-PKE-DKPP/I/2024 itu diberikan lantaran Bawaslu tidak menindaklanjuti laporan warga terkait dugaan pelanggaran Pemilu.

Sanksi yang diberikan oleh DKPP kepada Bawaslu menggarisbawahi pentingnya tanggung jawab lembaga pengawas pemilu dalam merespons laporan masyarakat terkait pelanggaran dalam proses pemilu. Dengan adanya sanksi ini, diharapkan Bawaslu maupun lembaga pengawas pemilu lainnya dapat lebih proaktif dalam menindaklanjuti setiap laporan yang diterima, sehingga integritas pemilu dapat tetap terjaga.

Peran DKPP dalam menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu di Indonesia tidak dapat diragukan lagi. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas kode etik penyelenggara pemilu, DKPP memiliki peran yang sangat vital dalam memastikan transparansi, keadilan, dan integritas dalam setiap tahapan pemilu.

Keputusan DKPP ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan mekanisme pengawasan pemilu guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi di Tanah Air. Dengan adanya penegakan sanksi terhadap lembaga pengawas pemilu, diharapkan akan mendorong yang bersangkutan untuk lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya demi menjaga proses pemilu yang bersih dan adil.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?