Tampang

Untuk Apa Sih Anak Perlu Cinta Buku?

9 Mei 2018 22:26 wib. 1.388
0 0
Untuk Apa Sih Anak Perlu Cinta Buku?

Kecintaan anak akan buku inilah yang akan terus mengolah keterampilan berbahasa anak. Dan melalui ini jugalah, nantinya kemudian anak akan dapat memahami berbagai teks non fiksi. Bukan karena mereka menguasai konten teks non fiksi nya, tapi karena melalui kecintaan mereka kepada buku, mereka akan terus terlatih pemahaman bacaannya. Dan keterampilan dalam memahami bacaan tersebut lah yang kemudian akan diaplikasikan oleh anak pada jenis teks apapun.

Suatu saat di suatu kelas, dalam sebulan, anak-anak dikenalkan buku fiksi karya penulis tertentu. Buku-buku karya penulis ini sangat sesuai dengan usia dan tema pelajaran anak. Nah, ketika di akhir bulan, anak-anak hendak dicek pemahaman bacaan non fiksi, mereka dapat melakukannya dengan baik. Sebagai informasi, pemahaman teks non fiksinya adalah pemahaman biografi dari seorang penulis buku yang buku-bukunya selama satu bulan sudah mereka nikmati sebelumnya. Terbayang, karena minat anak untuk mengetahui pengarang buku-buku cerita yang ia sukai, ia akan mampu memahami teks biografi (non-fiksi) berdasarkan minat ingin tahunya.

Keterampilan berkomunikasi tentunya merupakan salah satu keterampilan yang bisa menjadi modal bagi anak untuk bisa ‘survive’ dalam dunia belajarnya kini juga kelak ketika ia dewasa. Yuk, tingkatkan minat membaca mereka untuk mendukung pengembangan keterampilan mereka!

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rahasia Awet Muda Ala Jepang
0 Suka, 0 Komentar, 16 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?