Tampang

Penting Diketahui, Ini Perbedaan Jurnal Sinta dan Scopus

25 Jul 2024 08:10 wib. 80
0 0
Perbedaan Jurnal Sinta dan Scopus
Sumber foto: google

Sinta atau Science and Technology Index serta Scopus merupakan dua platform penting yang digunakan oleh sivitas akademika untuk mengukur kualitas dan reputasi jurnal ilmiah. Dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia, Sinta berfungsi untuk mengukur kinerja ilmiah dari peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia. Sementara itu, Scopus, yang dikelola oleh salah satu penerbit terbesar di dunia, Elsevier, berperan sebagai database abstrak dan sitasi ilmiah dunia.

Sinta dan Scopus memiliki perbedaan signifikan dalam hal penilaian, tujuan dan penggunaan, proses indeksasi, serta cakupan geografis dan disiplin ilmu. Untuk mulai memahami perbedaan mereka, kita perlu melihat perbedaan dalam penilaian dan peringkat, tujuan dan penggunaan, proses indeksasi, serta cakupan geografis dan disiplin ilmu.

Di antara perbedaan tersebut adalah metode penilaian yang berbeda. Sinta menggunakan klusterisasi dari S1 sebagai yang tertinggi hingga S6 sebagai yang terendah, berdasarkan kriteria seperti jumlah publikasi, jumlah sitasi, dan kualitas artikel. Sebaliknya, Scopus menggunakan metrik seperti CiteScore, SJR, dan SNIP untuk menilai jurnal, serta menyediakan h-index untuk mengukur produktivitas dan dampak ilmiah individu peneliti. Perbedaan inilah yang menjadi dasar penilaian kualitas dan reputasi jurnal ilmiah di kedua platform tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?