Tampang

Otalgia: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

24 Jun 2024 18:36 wib. 177
0 0
Pengertian Otalgia
Sumber foto: Google

Otalgia adalah istilah medis untuk rasa sakit atau ketidaknyamanan di telinga. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi telinga hingga gangguan saraf. Otalgia dapat terjadi pada siapa pun, baik anak-anak maupun dewasa. Artikel ini akan memberi penjelasan tentang otalgia, termasuk pengertian, penyebab, gejala, dan penanganannya.

Pengertian Otalgia
Otalgia berasal dari kata Yunani "ot-" yang berarti telinga dan "-algia" yang berarti rasa sakit. Dengan demikian, otalgia merupakan istilah medis untuk rasa sakit atau ketidaknyamanan yang muncul di telinga. Sensasi sakit yang muncul bisa bervariasi, mulai dari rasa terbakar, tertusuk, terasa berat, atau bahkan rasa sakit yang terus-menerus muncul di telinga.

Penyebab Otalgia
Ada beberapa penyebab umum otalgia, salah satunya adalah infeksi telinga. Infeksi telinga, baik di telinga bagian dalam (otitis interna) maupun bagian tengah (otitis media), dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di telinga. Selain itu, cedera pada telinga, kelebihan produksi kotoran telinga, tekanan udara yang berubah secara tiba-tiba, atau gangguan pada gigi dan mulut juga dapat menjadi penyebab otalgia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menjaga Hidung Supaya Tetap Sehat
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.