Tampang

Mengapa Warna Kulit Telur Ayam Berbeda-beda?

1 Agu 2024 16:52 wib. 96
0 0
Mengapa Warna Kulit Telur Ayam Berbeda-beda?
Sumber foto: pinterest

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali menjadi bahan pokok dalam masakan sehari-hari. Meskipun bagian dalam telur seringkali menjadi fokus utama dalam penggunaannya, namun warna kulit telur ayam juga menjadi perhatian bagi sebagian orang. Dalam kenyataannya, warna kulit telur ayam bisa berbeda-beda tergantung pada jenis ras ayamnya. 

Warna kulit telur ayam yang berbeda-beda tidaklah terlepas dari perbedaan genetik antara satu jenis ayam dengan jenis ayam lainnya. Warna kulit telur ayam dipengaruhi oleh gen-gen yang diwariskan dari induk ayamnya. Faktor genetik ini membawa informasi tentang warna dasar kulit telur, yang kemudian diwariskan kepada telur-telur yang dihasilkan.

Jenis paling umum dari warna kulit telur ayam adalah putih dan cokelat. Ayam-ayam ras seperti Leghorn cenderung menghasilkan telur dengan kulit putih, sementara ayam-ayam ras seperti Rhode Island Red atau Plymouth Rock cenderung menghasilkan telur dengan kulit cokelat. Meskipun begitu, ada pula ayam-ayam ras yang menghasilkan telur dengan kulit berwarna kuning, hijau, atau bahkan biru.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?