Tampang

Patung 'Anak Emas' Berusia 900 Tahun Kembali Ke Thailand

30 Mei 2024 07:01 wib. 314
0 0
Patung 'Anak Emas' Berusia 900 Tahun Kembali Ke Thailand
Sumber foto: Aliexpress.com

Sebuah patung perunggu yang telah berusia 900 tahun, yang dikenal sebagai 'Anak Emas' dan dipercayai menggambarkan dewa Hindu Shiva, akhirnya telah kembali ke tanah airnya, Thailand, setelah menghabiskan lebih dari tiga dekade di Metropolitan Museum of Art di New York.

Patung ini bersama dengan patung wanita berlutut yang lebih kecil, disembunyikan keluar dari Thailand oleh seorang dealer seni bernama Douglas Latchford pada tahun 1975. Meskipun telah berada di Metropolitan Museum of Art selama bertahun-tahun, akhirnya museum ini memutuskan untuk mengembalikan patung 'Anak Emas' dan artefak lain setelah verifikasi keterkaitannya dengan Latchford, yang dituduh terlibat dalam operasi pencurian harta karun dari Asia Tenggara. Namun, walaupun patung ini dikenal dengan sebutan 'Anak Emas,' masih ada perdebatan mengenai identitas sebenarnya dari patung ini.

Menurut arkeolog Tanongsak Hanwong, patung ini diyakini merupakan patung Raja Jayavarman VI, yang membangun kastil batu Phimai di Buri Ram selama abad ke-11. Kemudian, upacara pemulangan patung 'Anak Emas' ini berlangsung dengan megah di Museum Nasional Bangkok. Kembalinya patung ini setelah lebih dari tiga dekade menuai perasaan haru dan kebanggaan di kalangan masyarakat Thailand. Kembalinya artefak bersejarah ini juga memberikan inspirasi bagi para seniman dan budayawan, karena memiliki nilai keagungan sejarah dan keunikan seni dari masa lalu.

Pemulangan patung ini juga menyiratkan pentingnya kerja sama internasional dalam melindungi serta memulihkan barang-barang budaya yang telah dirampok dari negara asalnya. Hal ini menjadi pengingat bagi para pengumpul barang seni untuk lebih berhati-hati dalam memperoleh barang-barang bersejarah serta memastikan legalitas dan keaslian dari koleksi mereka.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Tips Aman Berkendara Saat Mudik
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%