Tampang

Gara-Gara Konflik, 15 Juta Anak di Timur Tengah Tidak Bersekolah

3 Okt 2024 19:12 wib. 55
0 0
Gara-Gara Konflik, 15 Juta Anak di Timur Tengah Tidak Bersekolah
Sumber foto: Google

Jutaan anak di Timur Tengah dipastikan tidak akan bersekolah pada awal tahun ajaran ini seperti anak-anak lainnya di seluruh dunia. Badan PBB yang menangani kesejahteraan anak (UNICEF) memperingatkan akan terjadinya bencana antargenerasi jika tindakan tidak segera diambil.

Lebih dari separuh anak-anak di Timur Tengah buta huruf atau tidak memahami teks yang sesuai usia pada usia 10 tahun. Diperkirakan 15 juta anak usia sekolah dengan rentang usia lima hingga 14 tahun tidak bersekolah dan 10 juta lainnya berisiko putus sekolah.

Angka-angka yang diungkapkan UNICEF memberikan gambaran nyata tentang dampak perang dan konflik terhadap pendidikan di Lebanon, Libia, wilayah Palestina, Sudan, Suriah, dan Yaman.

Afdhrita Spahiu, pakar pendidikan UNICEF untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan bahwa  konflik yang sedang berlangsung di Gaza dan Sudan membutuhkan upaya intensif untuk menyediakan bantuan kemanusiaan segera dan layanan pendidikan, termasuk dukungan kesehatan mental dan psikososial.

Laporan mereka memperingatkan bahwa jutaan anak di wilayah tersebut menghadapi persoalan pendidikan yang parah akibat konflik yang menghancurkan infrastruktur dan membatasi akses terhadap pendidikan.  Selama puluhan tahun, banyak siswa Palestina mengalami kesulitan untuk bersekolah dengan aman.

Namun, meningkatnya kekerasan setelah serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober 2023 telah membawa krisis pendidikan ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya, menurut organisasi hak asasi manusia dan bantuan internasional. Laporan Global Education Cluster selaku lembaga kemanusiaan yang mendukung kebutuhan pendidikan selama krisis, menyoroti berbagai rintangan di Tepi Barat.

Laporan yang diterbitkan pada Agustus 2024 silam itu menyoroti kekerasan yang menargetkan guru dan siswa, operasi militer Israel dan serangan udara di dekat sekolah, kekerasan oleh pemukim Israel, penghancuran fasilitas pendidikan, pembatasan pergerakan dan hambatan birokrasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.