Tampang

Protes Mahasiswa UIN soal UKT: Naik Tinggi, Banding Cuma Turun Dikit

22 Mei 2024 23:33 wib. 86
0 0
Protes Mahasiswa UIN soal UKT: Naik Tinggi, Banding Cuma Turun Dikit
Sumber foto: google

Sejumlah mahasiswa tingkat pertama atau mahasiswa baru di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memprotes besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dinilai melambung tinggi. Pada Rabu (22/5) sore, puluhan mahasiswa UIN itu menggelar demonstrasi menolak kenaikan UKT di Kampus UIN. Mereka bergantian orasi yang mengecam kenaikan UKT.

Menurut Pace, salah seorang mahasiswa yang minta identitasnya ditulis, dia mendapat UKT golongan 7 dengan besaran sekitar Rp7 juta. Rp7 juta itu tidak sesuai dengan ekspektasinya mengingat fasilitas yang diterima. Pada kesempatan di kampus UIN Syarif Hidayatullah, Rabu petang, Pace mengatakan bahwa UKT sebelumnya tidak sebesar itu menurut informasi yang diterimanya dari kakak tingkat.

Ayah Pace merupakan seorang wiraswasta, sementara ibu merupakan ibu rumah tangga. Namun, karena syarat banding UKT dianggap terlalu rumit dan pengurangannya tidak signifikan, Pace memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

Pace juga menyoroti bahwa banyak mahasiswa baru yang mengeluh tentang besaran UKT, terlebih dengan perbedaan kondisi ekonomi masing-masing individu. Misalnya saja, seorang mahasiswi baru UIN juga mengeluhkan besaran UKT yang mencapai Rp8 juta, naik dari Rp5,3 juta pada tahun sebelumnya. Mahasiswi tersebut mengungkapkan bahwa keberatan yang dirasakannya juga dirasakan oleh orang tuanya yang bekerja sebagai PNS.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%