Tampang

2 Ilmuwan Raih Nobel Fisika atas Penemuan Machine Learning

8 Okt 2024 21:37 wib. 92
0 0
2 Ilmuwan Raih Nobel Fisika atas Penemuan Machine Learning
Sumber foto: iStock

Pemberian penghargaan Nobel merupakan suatu momentum penting yang selalu ditunggu-tunggu oleh para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia. Anugerah tahunan untuk pencapaian di bidang fisika, kimia, kedokteran, sastra, dan perdamaian ditetapkan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, penemu dinamit asal Swedia, yang meninggal dunia pada tahun 1896.

Anugerah di bidang ilmu ekonomi ditambahkan oleh bank sentral Swedia pada tahun 1968. Pemenang-pemenang Nobel diumumkan pada tanggal 14 Oktober di Stockholm, dengan pengecualian untuk hadiah perdamaian, yang penerimanya dipilih oleh Komite Nobel Norwegia di Oslo.

Karya-karya ilmiah dan prestasi yang dihargai melalui Nobel Fisika tidak hanya menjadi tolak ukur kecemerlangan intelektual, tapi juga memberikan dampak yang besar dalam kemajuan teknologi dan pengetahuan umum.

Keberhasilan Hopfield dan Hinton dalam mengembangkan bidang machine learning dapat dipandang sebagai tonggak sejarah yang membentuk wajah dunia teknologi yang kita kenal saat ini. Kontribusi mereka tidak hanya dikenal secara luas di kalangan sesama ilmuwan, tetapi juga memberikan dampak langsung dalam kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia.

Hal ini menunjukkan bahwa penghargaan Nobel Fisika bukan hanya sekadar pengakuan atas prestasi individu, tetapi juga diakui sebagai sebuah pijakan penting dalam kemajuan masyarakat secara keseluruhan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.