Tampang

10 Bangunan Termahal di Dunia, Ada Masjid Paling Suci Umat Islam

21 Jun 2024 18:06 wib. 232
0 0
10 Bangunan Termahal di Dunia, Ada Masjid Paling Suci Umat Islam
Sumber foto: iStock

Bangunan megah dan mewah memang tak lepas dari biaya besar yang dikeluarkan. Di seluruh dunia, ada beberapa bangunan yang melambungkan biaya pembangunan mereka hingga miliaran bahkan triliunan dolar. Dari hasil melansir dari Statista, Masjid al-Haram atau Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, merupakan bangunan termahal di dunia dengan biaya konstruksi sekitar USS$100 miliar atau sekitar Rp1.638 triliun

Masjidil Haram menjadi bangunan termahal ini dengan alasan yang cukup jelas. Selain menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dan tempat tersuci bagi umat Islam, Arab Saudi baru saja melakukan renovasi untuk memudahkan jemaah. Meliputi total luas bangunan sekitar 357 ribu meter persegi dengan arsitektur yang mewah, seperti 12 dari 22 kubah yang terbuat dari kaca, wajah bangunan dilapisi marmer, hingga dekorasi kaca artistik dan detail yang membuat biaya pembangunannya melonjak tinggi.

Selain Masjidil Haram, juga di Arab Saudi terdapat Abraj Al-Bait, atau Makkah Royal Clock Tower, yang menjadi bangunan termahal kedua di dunia dengan biaya pembangunan sebesar US$16 miliar atau sekitar Rp262,20 triliun. Menara jam setinggi 601 meter ini, yang terletak dekat Masjidil Haram, sekaligus menduduki urutan ketiga sebagai bangunan tertinggi di dunia setelah Shanghai Tower, China dan Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.