Tampang

Ini Alasan Mobil Listrik Tetap Butuh Aki Meski Ada Baterai.

27 Mei 2024 15:40 wib. 65
0 0
Mesin Mobil Listrik

Mobil listrik telah menjadi perbincangan hangat dalam industri otomotif belakangan ini. Tetapi tahukah Anda bahwa, meskipun mobil listrik menggunakan baterai sebagai sumber tenaga utamanya, mobil listrik juga tetap memakai aki konvensional? Mengapa demikian?

Banyak yang mungkin berpikir bahwa dengan adanya baterai yang dapat menyimpan energi listrik, maka aki seharusnya tidak lagi diperlukan. Namun, kenyataannya mobil listrik membutuhkan aki sebagai sumber daya untuk peralatan-peralatan elektrik dengan tegangan rendah. 

Menurut Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, aki atau baterai tegangan rendah tetap dibutuhkan pada mobil listrik karena peralatan-peralatan elektrik seperti lampu, klakson, perangkat audio, dan lainnya memerlukan tegangan rendah. Baterai utama mobil listrik (baterai penggerak) bertegangan tinggi sehingga tidak bisa secara langsung digunakan untuk memberi daya pada perangkat-perangkat tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pengubah tegangan, high-to-low voltage converter, yang juga melibatkan aki.

Selain itu, fungsi aki pada mobil listrik juga sangat penting karena jika aki mengalami soak, mobil listrik juga tidak bisa dihidupkan. Soak atau ketidakmampuan aki dalam mengandung muatan listrik lagi, dapat menyebabkan sistem starter pada mobil listrik tidak dapat diaktifkan. Dalam hal ini, aki berperan sebagai sumber daya untuk menghidupkan sistem starter mobil listrik, yang kemudian akan mengerahkan tenaga untuk menggerakkan motor listrik yang terdapat dalam kendaraan tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anak Lahir Caesar Berisiko Obesitas
0 Suka, 0 Komentar, 20 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%