Tampang

Bos Toyota Sudah Wanti-Wanti Kenaikan Harga Mobil Gegara Dolar Terbang

23 Jul 2024 21:30 wib. 131
0 0
Bos Toyota Sudah Wanti-Wanti Kenaikan Harga Mobil Gegara Dolar Terbang
Sumber foto: Unsplash

Penguatan dolar Amerika Serikat yang konsisten selama beberapa bulan terakhir di atas Rp 16.000/US$ membuat harga mobil berpotensi bakal naik. Fenomena ini telah memberi tekanan kepada perusahaan-perusahaan mobil, termasuk Toyota Astra Motor (TAM). Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi telah mengungkapkan kesiapannya untuk menanggapi situasi ini dengan menaikkan harga mobil, tetapi dengan pertimbangan hati-hati terhadap daya beli masyarakat.

"Harusnya iya, memang pressure berjalan 2-3 bulan belakang, kita consider untuk menaikkan harga, cuma kita perlu berhati-hati karena market sedang berkontraksi, jadi selektif kalau mau menaikkan harga, jadi melihat modelnya, kita liat competitiveness," kata Anton usai konferensi pers Beyond Zero Toyota Selasa (23/7/2024).

Sebelumnya, pada setiap Juli biasanya terjadi kenaikan harga mobil. Namun, hingga saat ini hal tersebut belum terlihat dari sejumlah pabrikan mobil yang masih memilih untuk menahan kenaikan harga. Anton menegaskan, "Biasanya Juli naik harga, hampir sebagian besar ada kenaikan harga, hanya ada beberapa model yang kita ngga naikkan harga. Beberapa model tapi jumlahnya sangat jauh dibanding yang seharusnya karena hitung-hitungan pabrik harusnya semua model naik harga, tapi kita tahan untuk menjaga pasar."

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita turut mengingatkan pabrikan untuk tidak menaikkan harga mobil saat ini. Namun, perlu ditemukan titik tengah terhadap permintaan tersebut. "Kita harus jaga demand-supply dan jaga profitability, harus balance karena pabrik harus untung, dia harus bayar gaji, cost dan lain, kalau sampai kapan (tahan kenaikan harga) kita ngga bisa janji, sesuatu bisa berubah tapi semaksimal mungkin kita akan jaga," jelas Anton.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?